Sebelum Melakukan Oral Seks, Pastikan Anda Tidak Terkena Flu

DokterSehat.Com– Meskipun dianggap sebagai penyakit yang ringan, dalam realitanya flu bisa mengganggu aktifitas kita sehari-hari. Menurut pakar kesehatan, flu bahkan bisa mengganggu aktifitas seksual kita. Andai kita ingin melakukan oral seks dengan pasangan, ada baiknya kita tidak melakukannya terlebih dahulu saat terkena flu karena bisa membuat kita beresiko terkena berbagai penyakit yang lebih berbahaya.

doktersehat-pasangan-seks

Pakar kesehatan yang berasal dari Departemen Obstetri dan Ginekologi yang ada di NYU Langone Medical Center di kota New York, Amerika Serikat, bernama Shree Chanchani menyebutkan bahwa mereka yang melakukan oral seks saat flu akan lebih beresiko tertular virus herpes simpleks berupa HSV-1 dan HSV-2. Biasanya virus HSV-1 disebut sebagai virus bertipe oral karena bisa memicu luka pada mulut. Sementara itu, virus HSV-2 bisa menyebabkan herpes pada alat kelamin. Herpes sendiri memang termasuk dalam penyakit yang bisa menular secara seksual. Tak hanya saat melakukan oral seks, berbagai jenis hubungan intim layaknya penetrasi vaginal, oral seks, hingga anal seks bisa memicu penularan virus ini.

Mengapa virus herpes ini bisa lebih mudah menular saat kita melakukan oral seks dalam keadaan terkena flu? Saat terkena flu, kondisi sistem kekebalan tubuh tidak dalam kondisi yang prima sehingga virus tentu akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh dan memicu masalah kesehatan.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak melakukan oral seks terlebih dahulu andai kita masih terkena flu dan menunggu hingga benar-benar sembuh. Hanya saja, andai kita sudah sangat ingin melakukannya, pastikan untuk menggunakan kondom. Tak hanya itu, ada baiknya kita menghindari ciuman dengan pasangan, berbagi peralatan makan dan minum, atau saling menyuapi saat terkena flu. Agar lebih cepat sembuh dari flu, pastikan untuk memperbanyak waktu istirahat, sering mencuci tangan, hingga menghindari berbagai hal yang bisa memicu stress.