Sebelum Melakukan Donor Darah, Perhatikan Fakta-Fakta Berikut Ini

DokterSehat.Com – Kini, semakin banyak orang yang mengikuti kegiatan donor darah. Tujuan dari melakukan kegiatan ini tentu saja adalah demi menyediakan pasokan danah yang dibutuhkan oleh banyak orang, khususnya yang mengalami kecelakaan, menjalani prosedur operasi, atau bahkan menyelamatkan nyawa bayi yang dilahirkan prematur. Sebelum melakukannya, ada baiknya kita mengetahui beberapa fakta tentang donor darah seperti sebagai berikut.

doktersehat-kantung-darah

Tahukah anda jika satu kantung darah yang kita donorkan ini ternyata bisa menyelamatkan satu hingga tiga orang? Jika kita rutin melakukan donor darah setidaknya sekali dalam tiga bulan, maka dalam setahun saja kita bisa menyelamatkan 4 hingga 12 orang! Luar biasa, bukan? Tak hanya bermanfaat bagi mereka yang mendapatkan bantuan darah, donor darah ternyata juga bisa memberikan manfaat kesehatan bagi pendonor. Dengan rutin melakukannya, maka kita akan menurunkan resiko terkena kanker, penyakit jantung, dan juga menjaga berat badan kita tetap ideal.

Setiap pendonor darah ternyata harus melalui kriteria tertentu layaknya harus berusia 17 hingga 60 tahun. Tak hanya itu, berat badannya sebaiknya juga sebaiknya sudah mencapai 45 kg. Sebelum mendonorkan darah, mereka juga sebaiknya berada dalam kondisi yang fit, tidak mengalami masalah tekanan darah, tidak sedang demam, memiliki denyut nadi yang teratur, dan sudah melakukan pemeriksaan kadar sel darah merah. Jika semua persyaratan ini sudah dipenuhi, maka barulah kita diperbolehkan untuk melakukan donor darah.

Saat melakukan donor darah, kita ternyata akan kehilangan darah 1 kantong atau sekitar 250 hingga 300 ml. Bagi tubuh, hal ini termasuk jumlah yang sedikit sheingga tidak akan memicu masalah kesehatan. Dalam waktu 1 hingga 2 hari setelah mendonor darah, tubuh akan secara otomasit mengganti darah tersebut.

Tak hanya mampu membantu banyak orang, donor darah juga bisa menjadi semacam chek up kesehatan bagi tubuh kita. Hal ini disebabkan oleh adanya pemeriksaan kesehatan menyeluruh yang tentu bisa menjadi pedoman bagi kita untuk menjaga tubuh tetap sehat.