Sebelum Mandi, Cobalah Untuk Menggosok Kulitmu

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berpikir jika mandi hanyalah tentang mengusapkan sabun pada sekujur tubuh dan kemudian membilasnya dengan air hingga bersih. Memang, sabun kini memiliki kandungan yang bisa membuat tubuh terbebas dari kuman, bakteri, dan berbagai kotoran. Bahkan, ada sabun yang juga bisa membuat kecantikan kulit tetap terjaga, namun, mandi juga harus dilakukan dengan cara yang benar agar kesehatan tubuh kita pun bisa terjaga seutuhnya. Tahukah anda, ada sebuah trik kuno yang diyakini akan membuat mandi kita menjadi lebih maksimal. Teknik ini adalah dengan menggosok kulit saat kulit dalam keadaan kering sebelum mandi. Bagaimana trik ini bisa membuat tubuh kita menjadi lebih bersih?

doktersehat-mandi-air-hangat-tidur-nyenyak

Pakar kesehatan menyebutkan jika teknik ini disebut sebagai dry brush. Alih-alih menggosok kulit dengan tangan, kita bisa memakai sikat, handuk kecil, hingga batu sehingga berbagai kotoran pada tubuh yang menempel bisa lebih baik dihilangkan dan gosokan sabun saat mandi nantinya akan menyempurnakan pembersihan tubuh. Namun, tahukah anda, selain membersihkan, teknik ini ternyata juga bisa memberikan dampak positif pada kesehatan tubuh seperti sebagai berikut.

Dengan menggosok-gosok tubuh sebelum mandi, peredaran darah ternyata bisa menjadi lebih lancar. Hal ini terjadi karena saat menggosok kulit, maka berbagai sumbatan pada pembuluh darah layaknya lemak dan plak-plak akan ikut terlarut dalam aliran darah dan kemudian mengalami proses detoksifikasi tubuh. Dengan berbagai racun dan kotoran yang menghilang, maka kesehatan tubuh secara kesuluruhan akan membaik.

Kesehatan kulit juga akan menjadi jauh lebih baik dengan teknik ini mengingat produksi kolagen yang bisa membuat kulit lebih halus dan bercahaya juga meningkat dengan gosokan pada kulit ini. Selain itu, kulit juga bisa menjadi lebih elastis dan kencang sehingga penampilan kita pun menjadi awet muda.