Sebelum Jatuh Sakit, Waspadai Tanda Menurunnya Sistem Kekebalan Tubuh Berikut Ini

DokterSehat.Com – Banyak dari kita yang tidak begitu memperhatikan kondisi kesehatan kita karena terlalu sibuk dengan berbagai aktifitas sehari-hari. Padahal, andai sistem kekebalan tubuh sedang menurun atau badan sedang kurang fit, maka kita bisa saja langsung jatuh sakit. Sebelum kita terkena masalah kesehatan yang tidak diinginkan, ada baiknya kita memahami tanda-tanda dari menurunnya sistem kekebalan tubuh agar bisa melakukan pencegahan dengan lebih baik. Apa sajakah tanda-tanda tersebut?

doktersehat-flu-fever-throat-ternggorokan-pilek-sakit

Merasa kedinginan
Tanda pertama dari menurunnya sistem kekebalan tubuh adalah tubuh yang terasa tidak nyaman atau kita merasa kedinginan meskipun suhu udara sebenarnya biasa saja. Jika kita menyelepelan tanda ini, bisa jadi kita akan terkena sakit flu.

Hidung terasa kering
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa lendir hidung yang kerap kita anggap sebagai hal yang menjijikkan ini ternyata memiliki fungsi luar biasa dalam menahan berbagai virus, kotoran, atau bahkan kuman yang bisa menyebabkan penyakit. Andai sistem kekebalan tubuh menurun, produksi lendir hidung ini juga akan menurun sehingga hidung akan terasa lebih kering. Tanpa adanya lendir yang cukup, bisa jadi berbagai virus masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit. Sebelum hal ini terjadi, cobalah untuk memberikan waktu untuk beristirahat dan mengkonsumsi lebih banyak makanan yang bergizi.

Berat badan turun
Jangan senang dulu jika berat badan kita turun secara drastis dalam waktu yang singkat. Bisa jadi hal ini disebabkan oleh penurunan sistem kekebalan tubuh atau tubuh sudah terserang oleh virus. Penurunan berat badan ini bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon pada tubuh dan akhirnya membuat kita jatuh sakit.

Mudah emosi
Mudah marah atau mengalami emosi yang tidak stabil adalah tanda dari tubuh atau pikiran yang sedang stress. Hal ini ternyata bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh dan akhirnya membuat kita lebih mudah jatuh sakit. Karena alasan inilah ada baiknya kita harus lebih baik dalam mengelola stress agar tubuh tetap sehat dan bugar.