Sebelum Hamil, Wanita Sebaiknya Melakukan Vaksinasi Ini

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyarankan wanita untuk mendapatkan beberapa vaksinasi tertentu sebelum hamil. Vaksinasi ini akan mampu melindungi tubuh wanita dan juga janin di dalam kandungan dari berbagai infeksi yang berbahaya dan bisa menyebabkan cacat pada bagian tubuh seperti otak, mata, telinga, atau bahkan jantung bayi. Beberapa jenis infeksi yang bisa membahayakan janin di dalam kandungan adalah rubella, campak, hepatitis B, cacar air, influenza, pertussis, dan juga gondok. Demi mencegah infeksi-infeksi tersebut, berikut adalah beberapa jenis vaksinasi yang sebaiknya didapatkan wanita sebelum hamil.

doktersehat-hamil-minum-kopi

Vaksin measles, mumps dan rubella
Vaksin yang biasanya disingkat sebagai MMR ini bisa mencegah infeksi virus yang berbahaya dan bisa memicu resiko keguguran dan kelahiran bayi yang prematur. Sebagai informasi, infeksi virus rubella akan membuat ibu lebih beresiko melahirkan bayi yang mengalami kecacatan serius dan membuatnya tidak bisa mendengar, mengalami gangguan kecerdasan, dan memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Infeksi virus ini sendiri bisa menyebabkan penyakit yang disebut sebagai Campak Jerman yang memicu gejala seperti batuk-batuk, hidung yang terus berlendir, demam tinggi dan disertai dengan munculnya ruam merah berbintik-bintik pada kulit, dan lain sebagainya pada tubuh ibu.

Vaksin cacar
Salah satu penyakit yang paling mudah menular adalah cacar, apalagi bagi mereka yang belum pernah mengalaminya sejak kecil. Gejala dari cacar ini sendiri adalah demam tinggi dan diiringi dengan rasa gatal pada sekujur tubuh yang menyebabkan rasa tidak nyaman. Menurut sebuah penelitian, diketahui bahwa 2 persen ibu hamil yang mengalami cacar pada masa 5 bulan pertama kehamilan melahirkan bayi yang mengalami cacat lahir atau lumpuh pada beberapa bagian tubuh. Selain itu, ibu hamil yang terkena cacar saat akan melahirkan juga akan lebih beresiko terkena infeksi dan hal ini bisa membahayakan nyawa buah hatinya.