Sebelum Dimasak, Daging Ternyata Tidak Perlu Dicuci

DokterSehat.Com– Kegiatan mencuci memang kerap kali dikaitkan dengan kebersihan. Tak hanya tubuh, pakaian, dan benda-benda lainnya, kita juga sebaiknya membersihkan makanan yang akan kita konsumsi agar makanan ini tidak lagi terkontaminasi kotoran, pestisida, atau bahkan bakteri dan kuman. Adanya pemikiran ini membuat hampir semua jenis bahan makanan kita cuci sebelum dimasak. Padahal, ada beberapa jenis bahan makanan yang sebenarnya tidak perlu kita cuci sebelum dimasak seperti daging-dagingan.

doktersehat-daging-merah-gagal-ginjal-picu-obesitas

Tunggu dulu, daging-dagingan tidak perlu dicuci sebelum dimasak? Memang benar, bakteri yang ada pada daging mentah bisa dengan mudah mengkontaminasi bahan makanan lain, peralatan masak, peralatan makan hingga permukaan dapur. USDA FSIS, Badan Pemeriksaan Keamanan dari Amerika Serikat menyebutkan bahwa kebanyakan orang berpikir jika dengan mencuci daging sebelum dimasak, maka bakteri pada daging juga bisa menghilang. Padahal, bakteri pada daging ini bisa bertahan dengan sangat kuat pada daging dan tidak bisa dilepas meskipun kita sudah mencucinya berkali-kali. Memang, ada juga tipe bakteri yang cenderung bisa hilang dari daging saat dibasuh dengan air. Namun, daging ini justru bisa berpindah pada permukaan dapur atau peralatan masak.

Tak hanya daging, bahan makanan lain yang tidak perlu dicuci sebelum dimasak adalah telur karena telur ini sebenarnya memiliki lapisan khusus yang melindunginya dari paparan bakteri. Jika kita mencucinya, lapisan khusus ini justru akan menghilang dan membuat telur lebih mudah terkena bakteri.

Pakar kesehatan sendiri lebih merekomendasikan cara memasak yang benar, khususnya pada suhu dan waktu yang tepat saat memasak daging jika ingin membunuh bakteri pada bahan makanan tersebut. Selain itu, pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan air hangat dan sabun jika kita menyentuh daging. Pastikan pula untuk selalu membersihkan permukaan dapur atau peralatan memasak yang menyentuh daging mentah agar tidak mudah mengalami kontaminasi bakteri.