Sebelum Berusia 1 Tahun, Jangan Berikan Ini Pada Anak

DokterSehat.Com– Setelah memberikan asupan ASI eksklusif pada 6 bulan kehidupan pertama anak, orang tua tentu bisa mulai memberikan makanan pendamping ASI atau MP-ASI. Salah satu makanan yang kerap diberikan pada anak sebagai MPASI adalah jus buah. Logikanya, buah adalah bahan makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi sehingga sangat baik bagi kesehatan dan pertumbuhan anak. Sayangnya, menurut pakar kesehatan dari American Academy of Pediatrics, anak dengan usia kurang 1 tahun sebaiknya tidak mengkonsumsi jus buah terlebih dahulu. Apa alasan dari rekomendasi ini?

bayi_makan_doktersehat

Dr. Steven Abrams yang merupakan Kepala Departemen Pediatri yang ada di Dell Medical School University of Texas, Amerika Serikat, menyebutkan jika jika anak di bawah 1 tahun sudah mengkonsumsi jus buah, dikhawatirkan Ia akan lebih beresiko mengalami masalah gigi berlubang atau bahkan obesitas mengingat tingginya kadar gula pada minuman ini.

Menurut beliau, hingga anak berusia 12 bulan, Ia lebih merekomendasikan ASI, susu formula, dan makanan sehat lainnya alih-alih jus buah, apalagi jika jus buah tersebut adalah yang berupa jus buah kemasan yang memang memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Rasa manis pada jus gula ini memang akan sangat disukai oleh anak, namun, hal ini justru akan membuat mereka malas mengkonsumsi air putih. Padahal, asupan air putih sangatlah penting bagi kesehatan anak.

Setelah anak berusia 1 tahun, anak sudah bisa mendapatkan asupan jus buah. Hanya saja, pastikan untuk membuat jus buah segar ini tanpa ada campuran gula sama sekali dan membatasinya hanya sekitar 4 ons saja setiap harinya. Batasan jumlah ini berlaku hingga anak berusia 3 tahun. Saat anak sudah berusia 4 hingga 6 tahun, batasan jumlah jus buah yang dikonsumsi setiap hari meningkat hingga 6 ons.