Sebelum Bepergian Dengan Pesawat, Jangan Mengkonsumsi Minuman Ini

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang sengaja minum kopi sebelum melakukan perjalanan jauh, termasuk saat akan terbang dengan pesawat. Biasanya, tujuan dari mengkonsumsi minuman yang nikmat ini adalah agar rasa kantuk menghilang dan pikiran menjadi lebih fokus. Namun, menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita tidak minum kopi sebelum menggunakan pesawat terbang. Apa alasannya?

doktersehat-pesawat

Para ahli dari Reader Digest menyebutkan bahwa jika kita minum kopi sebelum memakai pesawat terbang, maka tubuh akan beresiko besar terkena dehidrasi selama perjalanan. Hal ini tentu akan berimbas pada tubuh yang mengalami mual-mual atau sakit kepala. Tak hanya itu, kondisi kabin dalam pesawat yang cenderung kering dan dingin juga akan memperburuk masalah kesehatan kulit dan sistem kekebalan tubuh kita.

Dampak lain yang bisa kita dapatkan jika minum kopi sebelum atau selama perjalanan dengan memakai pesawat terbang adalah munculnya rasa gelisah yang berlebihan. Hal ini disebabkan oleh kemampuan kopi dalam memberikan efek dramatis saat kita berada di ketinggian. Selain itu, sifat diuretik yang dimiliki oleh kopi juga akan membuat kita mudah mengalami gangguan pencernaan.

Mengingat kopi membutuhkan waktu setidaknya 5 atau 6 jam untuk dicerna tubuh dan kandungan kafeinnya bisa benar-benar lenyap, ada baiknya memang kita tidak mengkonsumsinya terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan. Pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk mengkonsumsi air putih saja yang jauh lebih sehat dan tidak memberikan efek bagi tubuh kita saat melakukan perjalanan dengan pesawat terbang.