Sebatang Rokok Sudah Bisa berpengaruh Pada Menurunnya Kesehatan Sperma

DokterSehat.Com – Jika kita melihat pada label yang ada pada bungkus rokok, kita sudah bisa melihat adanya resiko kesehatan yang bisa didapatkan oleh para perokok dimana mereka bisa mengalami impotensi, gangguan kehamilan, hingga resiko beberapa penyakit berbahaya layaknya kanker, masalah pada organ pernafasan, hingga munculnya penyakit jantung. Bagi kaum pria, merokok yang sayangnya kerap dianggap sebagai hal yang jantan, ternyata justru bisa menurunkan kualitas kejantanan seseorang. Pakar kesehatan menyebutkan jika rutin merokok bisa berimbas pada semakin buruknya kesehatan sperma seorang pria. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

shutterstock_216024766 copy

Sebuah penelitian dilakukan untuk mempelajari dampak kebiasaan merokok secara rutin dengan kualitas sperma pria. Dari penelitian yang dirilis oleh India Times ini, ada 20 pria perokok dan juga 20 pria yang tidak merokok yang dilibatkan sebagai partisipan. Hasil penelitian ini menunjukkan jika sperma yang dimiliki oleh para perokok cenderung memiliki kualitas yang jauh lebih buruk dan mengalami kerusakan DNA yang lebih besar jika dibandingkan dengan sperma yang dimiliki oleh mereka yang tidak merokok.

Pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini menyebutkan jika di dalam sperma para perokok, ditemukan sebuah zat yang disebut sebagai kotin yang merupakan penguraian dari nikotin yang ada dalam rokok. Zat inilah yang memiliki kemampuan merusak DNA sperma. Dengan sperma yang sudah rusak, maka secara otomatis kualitas dari sperma pun akan menjadi semakin menurun sehingga kemampuan sperma untuk membuahi sel telur pun ikut menurun dengan drastis.

Tak harus menunggu bertahun-tahun merokok untuk mendapatkan efek buruk ini, pakar kesehatan bahkan menyebutkan jika sebatang rokok saja sudah bisa membuat sperma mengalami penurunan kualitas dengan signifikan. Jadi, bagi pria, apakah anda yakin ingin menurunkan kualitas kesuburan anda hanya karena ingin merokok?