Sebaiknya Mandi Atau Tidak Sebelum Olahraga?

DokterSehat.Com – Beberapa orang menyebutkan jika mandi sebelum berolahraga adalah hal yang sangat percuma untuk dilakukan. Selain banyak orang yang melakukan olahraga di pagi buta demi mendapatkan udara segar dan sinar matahari yang belum terik, tubuh yang penuh keringat dan lengket setelah olahraga tentu membuat banyak orang akan mandi lagi setelah berolahraga. Sebuah pertanyaan pun muncul, sebaiknya kita mandi atau tidak sebelum olahraga?

doktersehat-exercise-couple-pasangan-jogging-lari-membakar-lemak

Pakar kesehatan menyebutkan jika mandi sebelum berolahraga ternyata bisa memberikan kebaikan bagi tubuh sehingga sangat disarankan untuk dilakukan. Sebagai contoh, kita bisa mendapatkan energi yang jauh lebih baik jika kita mandi air dingin sebelum berolahraga. Mandi air dingin ternyata bisa membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan cepat, bahkan lebih cepat jika dibandingkan dengan mengkonsumsi kopi sebelum berolahraga. Hal ini akan berimbas positif pada kondisi tubuh yang tidak akan cepat lelah saat berolahraga.

Dengan mandi sebelum berolahraga, khususnya di pagi buta, kita akan mendapatkan tubuh yang jauh lebih segar jika dibandingkan dengan tubuh yang bangun tidur yang masih sedikit terasa lesu. Dengan tubuh yang lebih segar, kita bisa meningkatkan performa olahraga hingga 7 persen. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh dan energi pada tubuh yang jauh lebih baik setelah kita mandi.

Pakar olahraga bahkan menyebutkan jika karena kita tinggal di negara tropis yang memiliki cuaca yang cenderung panas dan lembab, maka olahraga yang kita lakukan cukup beresiko menimbulkan heat stroke, kondisi dimana suhu tubuh meningkat tajam yang bisa membuat kita pingsan. Dengan menjaga suhu tubuh dalam kondisi yang normal, kita pun bisa berolahraga dengan nyaman tanpa takut mengalami heat stroke.

Baca Juga:  Kalah Di Ajang Pilpres, Hillary Clinton Menenangkan Diri di Hutan

Satu hal lagi kebaikan mandi sebelum berolahraga, yakni akan membuat sistem metabolisme tubuh meningkat sehingga kita pun membakar lemak dengan lebih efektif dan lebih cepat. Hal ini tentu akan sangat baik bagi mereka yang sedang melakukan program penurunan berat badan, bukan?