Sebaiknya Makan Mie Instan Kuah Dengan Air Kuah Baru Atau Sisa Rebusan?

DokterSehat.Com – Ada sebuah mitos yang berkembang di masyarakat yang menyebutkan jika ada baiknya kita segera mengganti air sisa rebusan yang kita gunakan untuk memasak mie instan dengan air rebusan yang baru. Dikhawatirkan, air sisa rebusan ini memiliki kandungan lilin yang bisa memicu penyakit kanker andai kita konsumsi. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-mie-bakmi-makan

Pakar kesehatan dan nutrisi bernama Leona Victoria Djajadi, MND, menyebutkan jika ada baiknya memang kita membuang air yang direbus bersama dengan mie instan dan menggantinya dengan air panas yang baru. Menurut beliau, air rebusan ini dikhawatirkan mengandung sisa pewarna sehingga membuatnya lebih kekuningan. Leona sendiri lebih memilih untuk mencapurkan mie dengan kaldu buatan sendiri yang jauh lebih nikmat dan sehat tanpa adanya bahan pewarna.

Pendapat berbeda justru dikemukakan oleh nutrisionis Jansen Ongko, MSc, RD. Beliau menyebutkan jika isu adanya kandungan lilin pada air rebusan mie instan sama sekali tidak benar. Sejauh ini, BPOM tidak pernah menemukan adanya kandungan lilin pada mie instan. Produsen mie instan menggunakan teknik lain yang bisa membuat mie awet dan kering namun bisa mengembang saat dimasak. Hanya saja, teknik ini sama sekali tidak menggunakan bahan lilin. Umumnya, produk mie instan buatan Indonesia dibuat dari tepung terigu yang sudah memiliki kandungan asam folat yang sangat baik bagi kesehatan kita. Asam folat ini ternyata bisa terlarut pada air saat kita merebus mie instan tersebut. Hal ini berarti, andai kita membuang air rebusan mie instan ini, kita justru kehilangan nutrisi yang sehat ini.

Pakar kesehatan gizi klinis dr. Nany Leksokumoro, MS, SpGK dari Omni Hospital ternyata juga memberikan pendapat lain mengenai mitos ini. Menurut dr. Nany, setiap orang boleh memilih untuk membuang air sisa rebusan mie instan atau tetap mengkonsumsinya. Menurut beliau, air sisa rebusan ini tidak berbahaya bagi kesehatan, namun, dengan membuang air rebusan mie, kita juga bisa mengurangi kadar lemak yang ada pada mie instan tersebut.