Sebaiknya Berkeramas Dengan Air Dingin atau Air Hangat?

DokterSehat.Com – Kebanyakan orang tidak begitu peduli dengan suhu air saat berkeramas. Apa yang ada di bak mandi, maka itulah yang akan digunakan untuk berkeramas. Namun, tahukah anda jika suhu air juga bisa mempengaruhi kesehatan rambut? Pakar kesehatan pun menjelaskan dampak kesehatan pada rambut jika kita berkeramas dengan air hangat atau air dingin seperti sebagai berikut.

doktersehat-wanita-keramas-mandi-setelah-olahraga-berbahaya

Kebanyakan orang akan berkeramas dengan air dingin andai suhu udara sedang sangat panas. Secara logika, memakai air dingin akan membuat rambut dan kepala jauh lebih segar. Beruntung, pakar kesehatan menyebutkan jika berkeramas dengan air dingin juga memberikan kebaikan bagi rambut berupa meningkatnya sirkulasi darah pada kulit kepala, membantu rambut menjadi jauh lebih sehat dan bersinar, dan membuat folikel rambut dan kutikula tetap dalam kondisi tertutup. Dengan pori-pori kulit kepala yang tetap tertutup, maka kotoran pada kulit kepala bisa dibersihkan dengan maksimal. Kulit kepala juga cenderung lebih bersih jika kita berkeramas dengan air dingin sehingga penumpukan minyak pada kulit kepala bisa dicegah. Selain bisa mencegah munculnya ketombe, kita juga tidak akan mudah membuat rambut rontok atau patah.

Saat suhu cukup dingin, kadangkala kita tidak berani berkeramas dengan air dingin dan memilih untuk memakai air hangat. Memang, berkeramas dengan air hangat akan membuat badan kita menjadi lebih nyaman dan bahkan bisa membuat stres menghilang. Sayangnya, air hangat kurang baik bagi kesehatan rambut. Pakar kesehatan menyebutkan jika air hangat mampu membuat rambut lebih rapuh sehingga memicu masalah kerontokan. Selain itu, berkeramas dengan air hangat juga akan membuat rambut kita menjadi lebih kering sehingga penampilannya pun semakin memburuk.

Baca Juga:  Hati-Hati, Sakit Gigi Bisa Berkaitan Dengan Kanker Mulut Dan Penyakit Berbahaya Lainnya

Dengan adanya fakta-fakta ini, ada baiknya memang kita berkeramas dengan air dingin saja agar kesehatan rambut tetap terjaga.