Sebagian Besar Wanita Indonesia Tidak Menggunakan Sunblock Dengan Benar

DokterSehat.Com – Sebagai masyarakat yang tinggal di negara tropis, kita tentu telah terbiasa dengan teriknya sinar matahari di siang hari, khususnya dalam musim kemarau seperti sekarang ini. Banyak dari kita yang memilih untuk memakai jaket atau bahkan topi saat keluar di siang hari dengan alasan tidak ingin kulitnya menjadi lebih gelap karena terpapar langsung sinar matahari. Dalam realitanya, paparan sinar matahari secara langsung memang bisa membuat kulit lebih gelap, namun, ada juga resiko kesehatan berupa masalah kulit atau bahkan kanker kulit. Karena alasan inilah banyak pakar kesehatan yang menyarankan kita untuk memakai sunblock.

doktersehat-wanita-cantik-muka-wajah-make-up-cuci-sunblock

Pakar kesehatan menyebutkan jika sunblock akan memberikan perlindungan yang maksimal pada kulit sehingga paparan sinar matahari tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan kulit. Dibandingkan dengan kaum pria, kaum wanita memiliki kesadaran lebih besar untuk memakai sunblock setiap hari. Sayangnya, penggunaannya masih dianggap kurang benar. Dr. Ruri Pamela, SpKk menyebutkan jika 70 persen wanita Indonesia hanya menggunakan krim sunblock di pagi hari saja dan menganggap ini sudah cukup untuk memberikan perlindungan pada kulit. Padahal, penggunaan krim sunblock sebaiknya minimal dua kali dalam sehari mengingat paparan sinar matahari di Indonesia sangatlah kuat.

Dr. Ruri menyebutkan jika dengan rutin memakai sunblock minimal dua kali dalam sehari, kulit pun terjaga dari masalah kesehatan layaknya munculnya flek atau bintik-bintik hitam. Sebagai informasi, paparan sinar UVB dari matahari ternyata tidak hanya berbahaya jika terkena secara langsung saja melainkan juga bisa memberikan dampak kesehatan meskipun kita berada di dalam bangunan. Beliau pun menyarankan kita untuk menggunakan sunblock saat pagi hari sebelum melakukan aktivitas dan diulang kembali saat tengah hari. Dengan memakainya dua kali sehari, perawatan dan perlindungan pada kulit pun akan lebih baik sehingga resiko terkena penyakit kulit pun menurun.