Tips Membuat Scrub Rambut Berbahan Dasar Gula Merah

scrub-brown-sugar-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com/ Nick Demou

DokterSehat.Com– Tidak hanya kulit wajah saja yang membutuhkan eksfoliasi, kulit kepala juga membutuhkannya. Tidak perlu produk mahal untuk membuat scrub kulit kepala. Hanya dengan berbahan dasar gula merah, Anda sudah bisa membuat scrub kulit kepala Anda sendiri. Berikut ini beberapa resep yang bisa Anda coba.

1. Oatmeal dan Gula Merah

Campuran kedua bahan ini akan membersihkan kotoran yang menumpuk pada kulit kepala dan meningkatkan sirkulasi darah pada folikel rambut. Anda hanya perlu mencampurkan dua sendok makan gula merah dan oatmeal dalam satu mangkuk, serta tambahkan 2 sendok kondisioner favorit Anda. Aduk hingga merata menggunakan tangan, kemudian tambahkan 15 tetes minyak zaitun. Selanjutnya aduk dengan sendok. Scrub siap digunakan.

2. Jojoba Oil dan Gula Merah

Jojoba oil dan gula merah akan membersihkan ketombe dan merawat masalah kerontokan rambut. Selain itu, campran ini juga akan melembapkan rambut dengan lebih efektif serta melindungi dari sengatan sinar matahari. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu mencampurkan gula merah dan garam laut dalam satu mangkuk. Kemudian tambahkan minyak jojoba dan sari lemon segar, aduk hingga merata menggunakan sendok.

3. Baking soda dan Gula Merah

Untuk melawan bakteri dan ketombe yang mengganggu kulit kepala, campuran kedua bahan ini cocok untuk Anda. Kedua bahan ini mengandung sifat antiseptik yang akan melindungi rambut dari kerusakan. Untuk membuat scrub dari bahan ini, Anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh gula merah, 1 sendok makan shampo, 3 tetes minyak tea tree dan 1 sendok teh ke dalam satu buah mangkok dan campur rata. Saat memijatkannya pada rambut, fokuskan pada kulit kepala dan akar, selanjutnya bilas dengan air hangat.

Ketiga cara sederhana membuat scrub rambut tersebut bisa Anda terapkan sendiri di rumah. Dengan bahan-bahan alami dan sederhana, Anda juga bisa mendapatkan rambut yang cantik dan sehat.