Sayuran yang Kerap Kita Makan Mentah Ini Ternyata Sebaiknya Dimasak Terlebih Dahulu

DokterSehat.Com– Mengkonsumsi sayuran mentah disebut-sebut bisa membuat kita mendapatkan berbagai nutrisi dari sayuran tersebut dengan maksimal. Hanya saja, beberapa sayuran yang kerap kita konsumsi dalam kondisi mentah ini ternyata sebaiknya dimasak terlebih dahulu. Apa sajakah sayuran tersebut?

doktersehat-wortel-sayur

Wortel
Banyak orang yang memilih untuk mengkonsumsi wortel mentah, khususnya wortel berjenis baby carrot yang memang memiliki rasa yang enak. Sayangnya, sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Journal of Agriculture and Food Chemistry yang diterbitkan pada tahun 2008 menyebutkan bahwa dengan memasak wortel, maka kita bisa membuat kandungan antioksidan di dalamnya bertahan dengan lebih lama.

Brokoli
Sayuran dengan bentuk yang unik ini disebut-sebut memiliki kemampuan mencegah kanker. Fakta ini didapatkan dari hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 yang menyebutkan bahwa dengan memasak brokoli, maka kita bisa mendapatkan kandungan karotenoid yang baik dalam mencegah datangnya penyakit berbahaya tersebut. hanya saja, cara memasak yang direkomendasikan adalah dengan dikukus, bukannya direbus.

Tomat
Kandungan di dalam tomat yang disebut sebagai lycopene ini sangat bagus untuk mencegah datangnya kanker atau penyakit jantung. Untuk mendapatkan manfaat ini, ada baiknya kita memasaknya terlebih dahulu.

Zucchini
Sayuran yang mirip dengan mentimun ini kaya akan antioksidan. Untuk membuat kandungan antioksidan ini awet dan bisa kita dapatkan, ada baiknya kita memasaknya terlebih dahulu.