Sayuran Untuk Meredakan Masalah Pernapasan

DokterSehat.Com – Tidak dipungkiri bahwa sayuran hijau sangat bagus bagi kesehatan. Konsumsi sayuran hijau dalam kondisi belum dimasak adalah kebiasaan baik, karena bisa membantu membangun sistem imunitas dan mencegah atau mengatasi penyakit yang tak diinginkan.

19

Menurut Dailymail, kini ada kabar baik bagi Anda yang kerap mengalami masalah pernafasan. Berikut ini adalah 3 jenis sayuran hijau yang konon mujarab menjaga kesehatan saluran pernafasan.

  • Kembang kol untuk aneka masalah pernapasan
    Mini kol, kembang kol dan sejenisnya, masih tergolong mirip dengan keluarga kubis dan brokoli. Anda bisa memanfaatkan sayuran yang satu ini untuk membantu meredakan berbagai masalah pernafasan dan asma. Kandungan yang kaya akan vitamin A dan C setidaknya bisa mencegah kita dari virus-virus yang mengganggu, terutama flu.
  • Brokoli untuk Masalah Asma
    Bagi Anda yang memiliki penyakit asma atau sesak nafas, konsumsilah brokoli secara rutin mulai sekarang. Kandungan sulforaphane dalam brokoli mampu mencegah terjadinya inflamasi pada pernafasan. Akan sangat baik kalau Anda mengonsumsinya dalam keadaan bersih dan belum dimasak. Bisa dijadikan jus sayuran atau di steam dalam suhu tertentu sehingga tidak terlalu mempengaruhi kandungan vitamin di dalamnya.

    Brokoli juga sangat bagus bagi imunitas, karena mengandung vitamin A, B6 dan C. Selain itu juga mengandung zat besi yang baik bagi pembentukan sel darah merah. Cocok juga bagi Anda yang sedang diet karena kandungan seratnya cukup tinggi.

  • Kubis untuk melindungi paru-paru
    Apapun bisa kita hirup. Asap obat nyamuk, asap kendaraan, bau-bauan yang aneh, virus dan berbagai gas yang kurang baik bagi paru-paru kita. Bantu paru-paru untuk menjaga ketahanannya dengan mengonsumsi kubis. Tanaman ini banyak digunakan untuk sayur lalapan sehingga mungkin rasanya cukup familiar di lidah kita.

    Kandungan kubis cukup mirip dengan brokoli. Diperkaya dengan beta karoten dan anti oksidan sehingga bisa meregenerasi dan menjaga sel paru-paru yang rusak.