Sayuran Ini Bisa Mengatasi Radang Sendi

DokterSehat.Com– Sebuah penelitian terbaru yang hasilnya diterbitkan dalam jurnal berjudul Arthritis Care and Research menunjukkan sebuah fakta menarik dimana sayur bayam ternyata bisa menurunkan rasa nyeri yang disebabkan oleh penyakit rheumatoid arthritis atau yang kerap disebut sebagai radang sendi. Hal ini berarti, jika anda termasuk dalam orang yang memiliki penyakit tersebut, ada baiknya rutin mengkonsumsi sayuran ini.

doktersehat-nyeri-sendi-gangguan-autoimun

Dalam penelitian yang dilakukan dengan cara melakukan survei pada 200 orang ini, diketahui bahwa bayam ternyata memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga bisa menurunkan rasa sakit yang disebabkan oleh radang sendi. Sebaliknya, minuman atau makanan yang kaya gula dan minuman bersoda justru bisa membuat kondisi radang sendi tersebut menjadi semakin parah.

Pakar kesehatan Neal Malik, MPH, RDN, yang berasal dari Bastyr University, San Diego, California, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa senyawa antioksidan, termasuk yang ada pada sayur bayam, memang mampu melawan radikal bebas dengan baik sehingga akan mencegah peradangan pada tubuh. Tak hanya antioksidan, kita juga bisa mendapatkan berbagai nutrisi baik lainnya dari bayam layaknya 56 persen kadar vitamin A hingga 181 persen vitamin K yang dibutuhkan tubuh setiap hari hanya dalam 1 cangkir bayam saja. Sebagai informasi, vitamin K sangat dibutuhkan dalam menjaga kesehatan tulang dan membantu pembekuan darah. Dalam 1 cangkir bayam, kita hanya akan mendapatkan 7 kalori saja sehingga tidak akan membuat kita mengalami masalah kenaikan berat badan.

Neal menyarankan kita untuk tidak memasak bayam terlalu matang agar tidak kehilangan nutrisi layaknya asam folat, vitamin C, dan vitamin K. Kita juga bisa mencampur bayam dengan bahan makanan sehat lainnya layaknya tomat hingga minyak zaitun jika ingin mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih besar.