Penderita Diabetes, Ini 4 Jenis Sayuran yang Harus Dihindari

doktersehat-sayur-dilarang-diabetes
Photo Credit: Flickr.com/StateofIsrael

DokterSehat.Com– Pengaturan makan penderita diabetes harus dilakukan dengan cermat ya. Tidak hanya pemilihan bahan makanan pokok saja namun jenis protein, lemak, buah hingga sayuran haruslah dilakukan dengan tepat.

Sebagian besar jenis sayuran umumnya baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Tidak hanya karena kandungan serat pada sayur yang tinggi namun juga sayur cenderung memiliki kandungan gula yang lebih rendah dibandingkan dengan buah.

Namun bukan berarti penderita diabetes boleh asal saja mengonsumsi sayur ya. Dilansir dari WebMD ada beberapa jenis dan produk olahan sayur yang harus dihindari penderita diabetes, yaitu:

1. Sayur kalengan

Sayur dalam kaleng lazimnya terdapat berbagai bahan tambahan pangan yang dapat memengaruhi kesehatan penderita diabetes. Hal ini tentu harus dihindari, meskipun tidak semua sayuran kaleng mendapatkan penambahan gula tetapi ada cukup banyak bahan tambahan yang harus dihindari oleh penderita diabetes salah satunya sodium.

2. Sayur yang dimasak dengan tambahan keju, mentega atau saus

Penambahan saus, mentega dan keju sebaiknya tidak dilakukan untuk olahan sayur penderita diabetes. Hal ini akan meningkatkan konsumsi lemak jenuh, asupan sodium hingga asupan gula yang ada pada saus. Usahakan mengolah sayur dengan metode satu kali masak misalnya kukus atau rebus.

3. Sayur yang di acar

Gula atau beberapa jenis pemanis kerap dipilih sebagai bahan pengawet utama dalam acar sayur. Untuk itu usahakan menghindari konsumsi acar sayur.

Meskipun tidak semua acar menggunakan gula namun penggunaan bahan tambahan atau penambahan bahan pengawet lain, misalnya garam, yang berlebihan, akan memengaruhi kesehatan penderita diabetes.

Jika ingin mengacar sayur maka usahakan buatlah acar segar sekali makan dan gunakan bahan alami secukupnya misalnya garam atau air cuka dalam porsi kecil, ya.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik