Super! 5 Jenis Sayur Berdaun Ini Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil

doktersehat-sayuran-hijau

DokterSehat.Com– Anda tentu sering mendengar bahwa salah satu jenis makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah sayur , ya.

Sayur memang menjadi salah satu bagian dari pola makan sehat, yang harus banyak dikonsumsi oleh ibu hamil. Lantas, sayur apa saja sih yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

Secara umum, hampir semua jenis sayur boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Dari berbagai jenis sayur tersebut, sayur berdaun menjadi salah satu jenis yang cukup banyak dianjurkan.

doktersehat-hamil-makan

Manfaat sayur berdaun yang berbeda dengan sayur jenis lainnya

Sayur berdaun memiliki manfaat yang berbeda dengan sayur jenis lain seperti sayur dalam bentuk buah atau sayur umbi. Beberapa keunggulan sayur berdaun antara lain adalah:

  • Memiliki kandungan jenis serat yang lengkap
    Hal ini akan baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh ibu hamil. Serat yang lengkap, misalnya jenis serat pektin dan lignin, pada sayur berdaun akan efektif untuk melancarkan pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

  • Mencegah terjadinya sembelit lebih baik
    Dengan manfaat melancarkan pencernaan, maka ibu hamil akan bisa mencegah terjadinya sembelit dengan lebih baik setelah mengonsumsi sayur berdaun dalam jumlah yang cukup.

Jenis sayur berdaun yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, ada beberapa jenis sayur berdaun yang cukup dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil, diantaranya adalah:

1. Bayam

Selain mudah diperoleh, bayam merupakan salah satu sayur yang memiliki kandungan gizi paling padat. Sayur bayam memiliki kandingan gizi vitamin lengkap, yaitu vitamin A, B kompleks, C, E, vitamin K, dan serat.

doktersehat-benarkah-bayam-beracun
Photo Credit: Flickr.com/David Jackmanson

Selain itu ada banyak zat mineral yang terkandung pada bayam yaitu zat besi, kalsium, magnesium, kalium, sodium serta dilengapi zat antioksidan.

Kombinasi kandungan gizi pada bayam sangat penting untuk kebutuhan kesehatan kehamilan, yaitu tumbuh kembang janin dan kesehatan fisik ibu.

2. Kangkung

Kangkung memiliki kandungan zinc dan selenium. Kedua zat gizi tersebut merupakan mineral penting yang bisa membantu merilekskan otot dan syaraf, sehingga hal ini akan membuat tubuh ibu hamil merasa lebih tenang dan rileks selama masa kehamilan.

Mengonsumsi kangkung bagi dinilai baik untuk mendukung istirahat ibu yang optimal.

3. Daun katuk

Daun katuk menjadi salah satu jenis daun yang dianjurkan dikonsumsi ibu hamil, utamanya pada kehamilan di trimester akhir.

Hal ini disebabkan konsumsi daun katuk mampu memberikan asupan zat prolaktin yang baik. Kondisi ini kemudian mampu meningkatkan, mempercepat serta melancarkan produksi ASI.

Daun katuk juga memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang padat, yaitu memiliki kandungan vitamin A dan C yang tinggi, serta memiliki kandungan alkalloid, sterol, flavonoid serta tanin yang baik untuk fungsi dan sistem tubuh ibu hamil.

4. Kubis

Asam folat pada kubis cukup tinggi, hal ini membuat kubis menjadi salah satu jenis sayur berdaun yang baik dikonsums ibu hamil. Asam folat penting sebagai bahan baku yang mendukung pertumbuhan saraf dan organ vital janin.

Photo Credit: flickr.com/Rob Bertholf

Konsumsi sayur kubis, yang umum disajikan secara mentah harus mendapatkan perhatian karena harus dipastikan terlebih dahulu bahwa daun kubis telah dicuci dengan bersih agar tidak terkontaminasi bakteri atau pestisida.

5. Daun singkong

Warna gelap yang ada pada daun singkong membuatnya menjadi salah satu sayur berdaun yang baik dikonsumsi ibu hamil. Hal ini disebabkan kandungan antioksidan yang tinggi pada daun singkong yang akan mendukung kesehatan kehamilan ibu yang optimal.

Selain itu kandungan serat yang ada pada daun singkong juga mampu mencukupi dan melengkapi jenis serat yang dibutuhkan oleh ibu hamil.