Sayur Bayam Yang Sangat Baik Bagi Tubuh

DokterSehat.Com – Saat kita kecil dulu, kita tentu sering melihat serial kartun bernama Popeye yang memiliki kekuatan luar biasa jika sudah memakan bayam. Dalam realitanya, bayam memang tidak bisa memberikan kekuatan super bagi yang memakannya, namun, bayam jelas akan memberikan banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Bayam dikenal memiliki nutrisi yang sangat baik layaknya zat besi, vitamin, asam folat, hingga kalsium, dan protein. Sayur bayam juga memiliki kandungan kalori yang rendah namun memiliki serat yang tinggi sehingga akan sangat baik untuk dikonsumsi mereka yang sedang berdiet.

doktersehat-bayam

Bayam dikenal memiliki kandungan beta karoten yang sangat baik bagi kesehatan mata. Disamping beta karoten, bayam juga memiliki kandungan lutein dan xanthene yang akan membuat mata menjadi lebih sehat dan terhindar dari masalah penglihatan layaknya rabun jauh maupun rabun dekat. Dengan sering mengkonsumsi bayam, mata juga diyakini mampu terbebas dari masalah katarak. Adanya kandungan vitamin A pada bayam juga selain memberikan kebaikan pada organ mata juga bisa membuat kulit menjadi lebih sehat dan segar. Kandungan lain yang sangat baik adalah kandungan CO Q10 yang dikenal memberikan kekuatan pada otot. Disamping itu, adanya asupan protein pada bayam ternyata bisa membuat pertumbuhan anak menjadi lebih baik.

Kandungan serat yang tinggi pada bayam dapat membuat kita mudah merasa kenyang. Hal ini berarti bisa menahan tekanan darah pada level yang normal sehingga kita pun terhindar dari masalah tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi yang normal sering kali berdampak pada semakin sehatnya jantung dan menurunnya resiko terkna penyakit kardiovaskular. Bayam mentah yang dibuat menjadi jus juga kini banyak digemari masyarakat sebagai salah satu produk minuman yang bisa menjaga tubuh agar tetap fit.

Baca Juga:  Olahraga Yang Cocok Untuk Ibu Hamil

Dengan segala kebaikan yang dimiliki oleh bayam, anda tentu tidak akan ragu lagi untuk mengkonsumsi bayam, bukan? Disamping mudah untuk dimasak dan diolah menjadi berbagai macam masakan, bayam yang enak disantap bisa membuat kesehatan tubuh tetap terjaga.