Sawo, Buah Manis nan Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Buah sawo adalah salah satu buah yang bisa dengan mudah kita temukan di Indonesia. Buah ini memiliki ciri khas unik berupa warna coklatnya yang kerap diidentikkan dengan warna kulit masyarakat tanah air. Buah ini juga memiliki rasa yang manis dan segar untuk dikonsumsi. Namun, tahukah anda jika dibalik rasa manis dan segar ini, ada manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh buah sawo andai kita makan. Apa sajakah manfaat kesehatan tersebut?

doktersehat-buah-sawo

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Buah sawo ternyata memiliki nutrisi yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh kita. Andai kita rutin mengkonsumsinya, maka tubuh pun akan menjadi jauh lebih sehat dan kita akan lebih baik dalam melawan berbagai bakteri dan virus yang bisa menyebabkan penyakit. Sebagai contoh, buah sawo ternyata kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan yang memang sangat baik bagi sistem kekebalan tubuh dan mampu mencegah berbagai masalah kesehatan di mulut layaknya sariawan. Selain itu, buah sawo ternyata memiliki senyawa tanin yang mampu menetralisir berbagai asam yang bisa memicu sakit perut dan masalah pencernaan lainya layaknya diare. Hal ini berarti, buah ini juga menjadi salah satu obat alami diare yang cukup manjur.

Sangat baik bagi ibu hamil
Buah sawo ternyata memiliki kandungan vitamin, elektrolit, dan karbohidrat yang akan mendukung kesehatan ibu hamil dan ibu yang sedang menyusui. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan jika konsumsi buah sawo secara rutin bisa membuat ibu hamil mengatasi masalah morning sickness di masa awal kehamilan.

Mampu menurunkan resiko kanker
Berbagai nutrisi antioksidan dan vitamin pada buah sawo diyakini mampu melawan peradangan dan menurunkan berbagai resiko kanker.

Baca Juga:  Mengapa Sebaiknya Kita Tidak Berolahraga Dengan Perut Kosong?

Membantu menjaga kesehatan tulang
Buah sawo ternyata juga memiliki kandungan kalsium yang cukup banyak yang tentu akan membantu tulang kita tetap sehat dan kuat.

Membantu menjaga kualitas tidur
Buah sawo memiliki nutrisi yang mampu membuat kita menjadi lebih rileks dan pada akhirnya membantu kita untuk tidur dengan lebih lelap. Dengan kualitas tidur yang membaik, tentu kesehatan tubuh kita akan semakin meningkat.