Satu Langkah Kedepan Dalam Pengobatan AIDS

DokterSehat.com – Ada berita gembira dari para penderita AIDS dan para komunitas kesehatan. Langkah kedepan dalam pengobatan AIDS mulai terlihat. Dr Kathleen Collins bersama team nya menemukan adanya virus penyebab AIDS atau HIV (Human Immunodeficiency Virus) dapat bersembunyi di sumsum tulang, tidak tersentuh obat dan di kemudian hari bangkit dan menyebabkan penyakit. Dengan mengetahui cara virus ini bersembunyi, para ahli berharap di masa depan bisa menemukan terapi melawan virus ini.



Dalam laporannya yang dimuat dalam jurnal Nature Medicine, Dr.Kathleen Collins dari University of Michigan dan timnya menjelaskan, virus HIV bisa menginfeksi sel sumsum tulang yang terkadang masuk melalui sel darah.

Menurut Collins, virus akan berdiam di sel sumsung tulang, namun ketika sel awal masuk ke dalam sel darah, virus itu akan kembali aktif dan menyebabkan infeksi baru. Virus akan membunuh sel darah baru dan berpindah ke sel lain dan menginfeksi.

“Langkah pertama sebelum menyingkirkan sel virus ini adalah memahami bagaimana infeksi laten akan berlanjut,” kata Collins.

Kemajuan teknologi pengobatan telah berhasil mengurangi angka kematian akibat AIDS, namun penderita AIDS harus terus minum obat mereka agar infeksi tidak kembali. Menurut Collins, ini adalah indikasi bagaimana obat melawan virus. “Beberapa jenis virus penyakit memilih untuk bersembunyi dan muncul kembali begitu pengobatan dihentikan,” tuturnya.

Salah satu tempat persembunyian awal adalah di sel darah yang disebut macrophages. Tempat lain adalah Sel-T. Menurut Collins, masih banyak tempat lain yang menjadi tempat persembunyian virus HIV.

Dengan mengetahui sumber-sumber infeksi, diharapkan pasien AIDS tidak akan bergantung lagi pada obat-obatan setelah infeksinya berakhir. “Sekarang ini pasien AIDS bergantung pada obat seumur hidupnya,” katanya.

Baca Juga:  Awas, Debu Kapas Bisa Membayakan Paru-Paru!

Semoga dengan langkah kedepan ini AIDS akan segera dapat ditemukan obat penyembuhnya.

sumber: Nature Medicine & kompas