Satu Lagi Manfaat Yoga bagi Wanita Menopause

DokterSehat.Com – Olahraga yoga saat ini sepertinya sedang naik daun. Banyak orang sekarang yang menekuni olahraga satu ini baik wanita maupun pria karena memang banyak sekali manfaatnya bahkan tak jarang dari kalangan artis sering sekali melakukan olahraga ini untuk menjaga kesehatannya. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa ternyata juga memiliki manfaat positif pada seorang wanita yang sudah mengalami menopause.

shutterstock_139873150 copy

Menopause adalah penghentian secara fisiologis dan permanen siklus menstruasi (haid) dari seorang wanita akibat hilangnya aktivitas folikular ovarium. Setelah 12 bulan berturut-turut, periode menstruasi terakhir secara retrospektif ditetapkan sebagai menopause. Biasanya seorang wanita akan mengalami menopause saat usia 45-65 tahun, namun ini sangat bervariasi. Menopause tentunya merupakan hal yang alamiah terjadi dan dialami oleh wanita. Pada saat menopause maka produksi hormon estrogen pada wanita tersebut menurun karena sel telur yang telah habis dalam ovarium. Penurunan hormon estrogen ini menyebabkan berbagai gejala dan tanda saat masa menopause datang.

Tentunya akan terjadi banyak perubahan dalam diri wanita menopause dibandingkan dengan sebelum mereka mengalami menopause salah satunya adalah gangguan tidur yaitu insomnia, dimana wanita menopause cenderung mengalami insomnia lebih sering dibandingkan sebelum mereka mengalami menopause.

Penelitian terbaru di Amerika mengungkapkan bahwa melakukan yoga rutin setiap harinya dapat mengurangi episode insomnia pada wanita menopause. Pada minggu ke 12, yoga ternyata berhubungan dengan perbaikan insomnia dalam merubah insomnia severity index. Katharine Newton (PhD), investigator senior dari Group Health Research Insititute mengatakan bahwa banyak wanita menopause menderita insomnia dan merupakan kabar baik bagi mereka bahwa ternyata yoga dapat mengurangi gejala tersebut.

Hasil penelitian ini tentunya memberi dampak yang sangat baik terutama bagi wanita yang telah menopause yang menderita insomnia. Mereka bisa mulai melakukan yoga misalnya saja mulai mendaftar kursus di sanggar dengan menggunakan trainer ataupun melakukannya sendiri di rumah. Saat ini sudah banyak tutorial yoga yang bisa dilihat dan ditiru dari berbagai video sehingga ini akan sangat memudahkan. Yoga yang dilakukan setiap hari tentunya akan memberikan hasil yang baik. Namun bila Anda masih pada tahap awal, seminggu sekali pun juga merupakan langkah yang baik. Yang terutama adalah niat dari dalam diri masing-masing. Ayo mulai berolahraga!