Sate Gosong Bisa Memicu Kanker?

DokterSehat.Com– Meskipun memiliki rasa yang sangat enak, dalam realitanya banyak orang yang cenderung was-was saat mengkonsumsi sate bakar. Hal ini disebabkan oleh adanya isu yang menyebutkan bahwa bagian sate yang gosong jika dikonsumsi bisa menyebabkan kanker. Apakah hal ini benar adanya?



Pakar kesehatan Prof. Dr. dr. Aru Wicaksono Sudoyo, SpPD-KHOM yang merupakan Ketua Yayasan Kanker Indonesia menyebutkan bahwa mitos mengkonsumsi sate gosong bisa menyebabkan kanker ternyata tidak benar adanya. Menurut beliau, belum ada penelitian yang mendukung anggapan tersebut. Hal ini berarti, asalkan kita mengkonsumsi sate yang gosong sesekali saja, maka hal ini tidak akan menyebabkan kanker.

Hanya saja, dr. Aru menyebutkan jika hal yang berbeda terjadi jika kita mengkonsumsi steak daging yang juga dibakar. Daging merah jika dibakar bisa menyebabkan munculnya zat karsinogenik, zat yang bisa memicu datangnya kanker. Jika kita kerap mengkonsumsi steak yang gosong ini, maka resiko terkena kanker pun akan meningkat.

Meskipun kita bisa lebih tenang dalam mengkonsumsi sate, ada baiknya kita juga memperhatikan seberapa banyak kandungan kalori di dalam seporsi sate. Sate 10 tusuk yang disajikan dengan saus kacang sudah memiliki 360 kalori, lemak sekitar 15 gram, karbohidrat sebanyak 6 gram, dan protein sebanyak 50 gram. Jika kita menambahkan sepiring lontong atau nasi, maka total kalori yang kita konsumsi bisa mencapai 565 kalori, jumlah yang cukup besar untuk sekali makan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak berlebihan dalam mengkonsumsi sate agar tidak mengalami kenaikan berat badan. Selain itu, pastikan untuk menambahkan bahan lain seperti lalapan atau salad agar bisa memenuhi kebutuhan serat yang sehat bagi tubuh.