Sariawan Tak Lekas Sembuh Pertanda Kanker Rongga Mulut

DokterSehat.com – Kanker ronggga mulut merupakan tumor ganas yang terjadi dalam rongga mulut, termasuk kanker lidah, kanker bibir, kanker gingiva, kankr rahang, kanker langit-langit rongga mulut, kanker dasar mulut, kanker ludah, kanker sinus maksilaris, kanker orofaringeal, dan kanker yang terjadi di selaput lendir kulit pada bagian muka.



Penyebab Kanker Rongga Mulut

1. Rongga mulut yang kurang bersih

Kebersihan rongga mulut yang kurang terjaga menjadi sarang perkembangbiakan bakteri dan jamur sehingga mempermudah terbentuknya nitrosamin.

2. Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol

Kebanyakan penderita kanker mulut memiliki kebiasaan merokok  dan mengonsumsi alkohol dalam waktu lama.

3. Gizi kurang baik

Kepekaan tubuh terhadap karsinogen bisa meningkat bila kurangnya asupan Vitamin A1, Vitamin B2, arsenik dan zink yang dapat memicu terjadinya kanker rongga mulut.

4. Rangsangan benda asing dalam jangka panjang

Gigi palsu yang tidak cocok, akar gigi atau ujung gigi yang runcing dapat merangsang selaput lendir rongga mulut dalam waktu lama. Kondisi ini dapat mengakibatkan terjadinya luka kronis dan terjadi canceration.

5. Sinar Ultraviolet (UV)

Paparan langsung sinar matahari dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko kanker rongga mulut.

6. Mukosa leukoplakia dan eritema

Gejala yang sering muncul dari prakanker lesi adalah mukosa oral leukoplakia dan proliferasi eritema.

7. Radiasi pengion

Radiasi pengion bisa mengakibatkan perubahan DNA pada bahan genetic dan mengaktifkan gen tumor sehingga menyebabkan canceration.

8. Faktor lainnya

Penyakit lain seperti sirosis liver, hepatitis kronis, dan infeksi virus juga dapat menurunkan kekebalan tubuh sehingga memicu munculnya kanker rongga mulut

Gejala Kanker Rongga  Mulut

1. Perubahan warna

Perubahan warna rongga mulut menjadi coklat, putih, atau hitam menandakan terjadinya perubahan sel epidermal. Terlebih bila oral berubah menjadi kasar, menebal, eritema, timbul mukosa oral leukoplakia kemungkinan telah terjadi canceration.

Baca Juga:  Kelainan Sendi Rahang

2. Luka yang tidak sembuh

Waspadalah bila Anda mengalami luka atau sariawan di rongga mulut yang tak kunjung sembuh, sakit selama lebih dari dua minggu, serta muncul rasa terbakar di rongga mulut.

3. Rasa sakit yang jelas

Gejala kanker stadium awal tidak merasakan sakit atau hanya merasakan gesekan abnormal pada satu bagian, rasa sakit akan terasa jelas setelah memborok. Sakit akan menjalar ke telinga dan tenggorokan seiring infasi tumor lebih lanjut ke syaraf.

4. Pembengkakan kelenjar getah bening

Kanker rongga mulut menyebabkan banyak metastase ke kelenjar getah bening di leher. Akibatnya, kelenjar getah bening akan membengkak.

5. Gejala disfungsi

Gerakan membuka atau menutup mulut menjadi terbatas akibat invasi tumor ke otot mulut dan persendian rahang bawah.

Pengobatan Kanker Rongga Mulut

Operasi

Kanker rongga mulut stadium awal yang belum mengalami metastase ke kelenjar getah bening di leher bisa menggunakan metode tunggal dengan operasi pengangkatan.

Kemoterapi

Pengobatan kanker pada bagian leher dan kepala sangat sedikit yang menggunakan kemoterapi saja, biasanya terapi ini digabungkan dengan radioterapi untuk meningkatkan kepekaan sinar radiasi.

Radioterapi

Pengobatan radioterapi baik digunakan tersendiri atau dikombinasikan dengan operasi pembedahan mempunyai fungsi penting untuk mempertahankan fungsi menelan, mengunyah, bersuara, dan meningkatkan kualitas hidup penderita kanker rongga mulut.

 

Dari berbagai sumber