Sariawan Mengganggu, Bagaimana Mengatasinya?

DokterSehat.Com – Pernahkah anda mengalami luka pada mulut yang terasa begitu perih? Luka pada mulut tersebut dinamakan dengan sariawan, selain terasa perih, adanya sariawan pada mulut kerap kali membuat kita merasa tak nyaman. Sariawan memang bukan penyakit yang serius yang dapat mengancam jiwa, namun kondisi ini amatlah mengganggu dan menjengkelkan karena menganggu anda untuk makan dan mengunyah serta berbicara. Sehingga tak heran, jika gangguan kesehatan mulut ini terjadi pada seseorang, maka biasanya orang tersebut akan cenderung lebih murung dan malas untuk berbicara dan melakukan aktivitas yang terkait dengan mulut.

14

Sariawan atau dalam istilah kedokteran dikenal dengan sebutan stomatitis aftosa yang diartikan sebagai inflamasi atau peradangan yang terjadi pada lapisan mukosa (selaput lendir) pada mulut, yakni terdapat pada bibir bagian dalam, gusi, lidah, pipi bagian dalam, serta langit-langit mulut. Infalamasi atau peradangan pada sariawan ini biasanya diawali dengan jaringan mukosa yang mengalami iritasi dan menimbulkan ruam memerah, lalu terbentuklah ultus atau luka atau tungkak, luka yang ditimbulkan dari sariawan ini bisa berbentuk bulat, oval, atau bahkan tak beraturan serta memiliki tepi luka yang berbatas tegas. Biasanya luka sariawan ini berwarna putih kekuningan dengan bagian permukaan luka yang agak cekung.

Meskpiun luka sariawan ini terlihat kecil dan sepele, namun rasa sakit yang ditimbulkannya amat menyakitkan terutama saat menyantap makan, berbicara, gosok gigi, dan cenderung menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Oleh karenanya, sebaiknya apabila sariawan menyerang segera obati terutama rasa sakit yang begitu mengganggu. Meskipun sebenarnya sariawan akan sembuh dengan sendirinya.

Berikut cara mengatasi sariawan :

  • Kumur dengan air garam
    Berkumurlah dengan air hangat yang telah dicampur garam tiga kali sehari untuk menyembuhkan luka sariawan.
  • Minum yogurt
    Yogurt mengontrol keseimbangan bakteri di mulut dan tubuh. Dengan ini, Anda bisa meningkatkan kecepatan penyembuhan dan membantu mencegah luka sariawan.
  • Kumur dengan ramuan tradisional
    Berkumurlah dengan salah satu dari beberapa ramuan tradisional, seperti lidah buaya, ekstrak biji anggur, peroksida hidrogen, jus plum, minyak pohon teh dan air hangat yang dicampur garam.
  • Bawang putih dan pepaya
    Mengoleskan obat langsung pada luka sariawan dapat mempercepat proses penyembuhan. Tempelkan bawang mentah, pepaya atau kantong teh langsung pada luka sariawan.
  • Coba baking soda
    Campurkan baking soda dan air. Kemudian gunakan sebagai obat kumur atau pasta gigi untuk melapisi luka sariawan. Baking soda akan membantu menghilangkan bakteri di mulut dan mengurangi rasa sakit.
  • Minum vitamin
    Perbanyak konsumsi vitamin B, vitamin C, zat besi dan asam folat yang juga berperan dalam mencegah dan menyembuhkan luka sariawan.