Sariawan di Lidah Tak Kunjung Sembuh, Waspada Kanker Lidah!

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang cukup mengerikan dan harus kita waspadai adalah kanker lidah. Bagaimana tidak, penyakit ini ternyata memiliki potensi mematikan yang cukup besar. Salah satu gejala dari kanker lidah yang seringkali tidak disadari adalah sariawan yang ada pada lidah namun tak kunjung sembuh dan lebih dari dua minggu.

doktersehat-lidah-kanker

Pakar kesehatan Profesor Dr. dr. Tjakra Wibawa Manuaba, M.P.H, Sp. B (K) Onk menyebutkan bahwa ada perbedaan antara gejala kanker lidah yang mirip dengan sariawan dengan masalah sariawan. Pada gejala kanker lidah, terdapat bagian kulit yang terasa lebih keras di sekitar luka. Hal ini sangat berbeda dengan gejala sariawan yang justru kulitnya terasa lunak. Selain itu, sariawan juga cenderung bisa bergeser, sementara itu, gejala kanker lidah cenderung berada di tempat yang sama. Bukannya sembuh, luka pada lidah ini justru akan menonjol dan mengeras layaknya kembang kol.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kanker lidah termasuk dalam penyakit yang patut diwaspadai oleh orang dewasa, apalagi jika mereka cenderung suka merokok, menenggak alkohol, tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut, serta menggunakan gigi palsu yang tidak dipasang dan dirawat dengan baik.

Jika kanker lidah sudah ditemui di stadium awal, maka proses pengobatannya bisa dilakukan dengan cara operasi. Hanya saja, jika kanker lidah ini sudah dalam stadium akut, maka prosedur operasi tidak bisa dilakukan dan penderitanya harus melakukan kemoterapi atau radiasi. Biasanya, mereka yang sudah mengalami kanker lidah stadium akut akan sulit untuk mendapatkan kesembuhan. Mereka pun akan mengalami masalah seperti lidah yang membengkak, hingga kesulitan untuk makan dan minum karena lidah mengalami rasa sakit yang luar biasa. Jika hal ini terjadi, maka Ia pun akan beresiko besar meninggal dunia.