Sarapan Sereal Lebih Sehat Bagi Tubuh?

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang memilih sereal sebagai makanan yang dikonsumsi saat sarapan karena menganggapnya sebagai makanan yang sehat dan baik bagi program diet. Sebenarnya, apakah hal ini memang benara adanya?

doktersehat-sereal-gula-susu

Dalam realitanya, cukup banyak produk sereal yang mengklaim produknya memiliki kandungan menyehatkan bagi kesehatan, bahkan jauh lebih sehat jika dibandingkan dengan berbagai menu sarapan instan lainnya. Sebagai contoh, bubur instan tentu kaya akan kalori yang jika dikonsumsi dengan berlebihan bisa memicu masalah berat badan. Hal ini tentu kontras dengan sereal gandum yang diklaim rendah kalori dan kaya serat. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, anggapan ini ternyata tidak selalu benar.

Women’s Health Magazine menyebutkan bahwa cukup banyak produk sereal yang ternyata memakai bahan pemanis buatan agar makanannya terasa jauh lebih enak. Bahkan, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa sebagian produk sereal yang dijual di Amerika Serikat ternyata juga kaya akan kandungan karbohidrat dan kalori yang diproses. Hal ini berarti, sereal juga belum tentu bisa dianggap sebagai sarapan yang sehat.

Pakar kesehatan menyarankan setiap orang untuk tidak sembarangan membeli sereal dan selalu membaca kandungan apa saja yang ada dalam sereal tersebut. Jika ternyata sereal tersebut memakai pemanis buatan, kaya kandungan gula, atau bahkan karbohidrat yang diproses, ada baiknya kita tidak memilihnya. Pastikan untuk melihat berapa banyak kalori yang akan kita dapatkan sekali makan dengan sereal tersebut. Tak hanya itu, kita juga sebaiknya memilih serealia yang memiliki kandungan biji-bijian atau kacang-kacangan yang lebih kaya akan serat dan protein.

Sebenarnya, asalkan kita mengkonsumsi makanan seperti biasa namun dengan kadar gizi yang seimbang dengan tidak melupakan makanan yang kaya serat, sarapan sudah bisa dianggap sehat bagi kesehatan tubuh.