Sarapan Sangatlah Penting Bagi Tubuh

DokterSehat.Com – Kita tentu sering mendengar orang-orang yang melewatkan sarapan karena alasan mengejar waktu agar tidak telat datang ke tempat kerja atau ke berbagai tempat lainnya. Memang, membuat atau memakan sarapan akan menghabiskan banyak waktu, namun, sarapan sendiri bisa membuat kita melakukan persiapan yang jauh lebih baik untuk menghadapi rutinitas seharian. Banyak orang yang memilih untuk meninggalkan sarapan justru menjadi tidak produktif dan mengalami kelesuan selama sehari penuh. Apa saja kebaikan sarapan bagi tubuh kita?

doktersehat-sarapan-makan-gizi-sehat

Sarapan adalah sumber energi utama yang bisa kita gunakan untuk melakukan kegiatan dan pekerjaan seharian penuh. Sarapan bisa dianggap sebagai modal awal melakukan aktifitas sejak pagi hari mengingat kita tidak mendapatkan asupan makanan sama sekali setelah tidur cukup panjang di malam hari. Sarapan dengan karbohidrat dan protein yang cukup tentu akan membuat tubuh anda penuh energi dan siap melakukan berbagai macam hal.

Biasanya, orang yang melewatkan sarapan justru akan mudah membeli jajanan atau cemilan demi menahan rasa lapar hingga waktu makan siang. Hal ini justru akan membuat berat badan dan juga kadar gula dalam darah akan meningkat dengan signifikan. Jika anda sudah sarapan, maka kecenderungan untuk lapar pun akan berkurang dan kita bisa tetap aktif hingga jam makan siang tiba. Metabolisme tubuh pun cenderung akan lebih stabil sehingga berat badan pun akan lebih terjaga jika dibandingkan dengan mereka yang melewatkan sarapan.

Banyak studi yang memaparkan bahwa mereka yang tidak melewatkan sarapan ternyata bisa berkonsentrasi lebih baik dibandingkan dengan yang melewatkan sarapan di pagi hari. Kandungan glukosa yang didapat saat sarapan pagi membantu otak untuk bekerja dengan lebih baik, lebih berkonsentrasi, dan juga meningkatkn fungsi memori. Mereka yang tidak sarapan justru membuat otak kekurangan energi untuk berpikir sehingga fungsi otak pun menurun sehingga tugas dan pekerjaan menjadi lebih mudah terbengkalai.

Baca Juga:  Masyarakat Asia Cenderung Mudah Terkena Diabetes

Dengan begitu banyak kebaikan yang diberikan jika kita memakan sarapan pagi, maka masihkah anda melewatkan sarapan hanya demi mengejar waktu? Kita bisa saja dengan mudah sarapan dengan roti dan selai yang kaya dengan asupan energi yang dibutuhkan untuk beraktifitas seharian. Jadi, jangan pernah melupakan sarapan pagi yang menyehatkan!