Sarapan Pagi Dengan Telur Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

DokterSehat.Com – Telur adalah salah satu bahan makanan yang cukup populer untuk dijadikan sarapan pagi. Telur yang hangat dalam berbagai olahan akan membuat selera makan kita meningkat untuk mendapatkan asupan yang akan menjadi sumber sepanjang hari. Tak hanya mengenyangkan dan kaya akan gizi, telur ternyata sangat direkomendasikan oleh pakar kesehatan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

doktersehat-sarapan-sehat-pagi

Biasanya, kita akan disarankan untuk mengkonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan jika ingin menurunkan berat badan. Padahal, sebagian orang akan kurang berselera mengkonsumsi makanan sehat tersebut di pagi hari. Dengan memakai telur yang lezat, kita tentu akan cukup lahap mengkonsumsi makanan. Pakar diet dari Australia bernama Susie Burrel bahkan menyarankan telur sebagai makanan yang kaya akan nutrisi dan bisa dikombinasikan dengan makanan lain untuk menciptakan sarapan yang sehat dan bergizi.

Burrel menyebutkan jika kita bisa memasak telur menjadi omelette yang bisa dikombinasikan dengan roti panggang dan sayuran. Sarapan dengan telur yang kaya protein akan membuat kita merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama sehingga kita pun akan cenderung lebih baik dalam menahan diri dari godaan camilan, khususnya di waktu antara sarapan dan makan siang. Nutrisi lain dari telur yang membuat kita merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama adalah asam amino leucine. Asam amino inilah yang membuat reseptor insulin tertahan lebih lama sehingga rasa kenyang pun tetap bertahan.

Meskipun cukup populer untuk dijadikan sarapan pagi, banyak orang yang malas memasak telur karena menganggapnya cukup lama untuk diolah. Padahal, kita bisa saja dengan mudah memasak telur ceplok atau telur dadar yang kelezatannya tak lekang oleh waktu. Selain itu, andai kita ingin memasak makanan yang lebih kompleks layaknya telur orak-arik, kita bisa terlebih dahulu menyiapkannya di malam hari sehingga kita bisa dengan mudah memanaskannya sebelum sarapan pagi.

Baca Juga:  Makanan Cepat Saji Membuat Resiko Asma Meningkat

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari telur, ada baiknya kita hanya mengkombinasikannya dengan sayuran saja. Sosis, daging asap, atau bahkan roti putih sangat tidak direkomendasikan karena makanan ini bisa membuat diet kita gagal. Hanya saja, roti gandum masih bisa dipakai jika kita ingin membuat sandwich bersama dengan telur atau jenis makanan yang lainnya.