Sarapan Pagi Bisa Menurunkan Resiko Stroke

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika sarapan pagi adalah salah satu kegiatan yang bisa menjaga kesehatan tubuh kita. Sarapan pagi adalah hal yang menyenangkan untuk dilakukan karena di pagi hari kita seringkali akan sudah merasa lapar sejak bangun tidur sehingga kita pun bisa mengenyangkan perut di pagi hari dan bersiap diri untuk melakukan berbagai aktifitas harian. Sayangnya, ada banyak orang yang tidak cukup beruntung untuk mendapatkan sarapan pagi. Tahukah anda, sarapan pagi yang sehat ternyata bisa memberikan dampak positif berupa resiko terkena stroke yang menurun dengan signifikan.

shutterstock_304751963 copy

Pakar gizi mengungkapkan fakta ini dari sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang dan dikutip oleh News Max Health. Penelitian yang dilakukan di Osaka Univeristy ini melibatkan 82 ribu partisipan baik itu pria dan wanita dengan usia bervariatif dari 15 hingga 45 tahun. Yang menarik dari penelitian ini adalah, para partisipan ternyata terbagi menjadi mereka yang melakukan kebiasaan sarapan dalam seminggu. Sebagai contoh, mereka yang setiap hari sarapan tergolong dalam kelompok tujuh, mereka yang sarapan hanya enam kali dalam seminggu masuk dalam kelompok enam, dan begitu seterusnya sesuai dengan kebiasaan sarapan.

Dari pengelompokan penelitian ini, maka ditemukanlah sebuah fakta dimana mereka yang rajin sarapan setiap hari ternyata memiliki resiko terkena stroke yang cukup rendah. Sementara itu, semakin jarang mereka yang melakukan sarapan, maka resiko untuk mendapatkan penyakit stroke pun bisa meningkat hingga 20 persen.

Hanya saja, pakar kesehatan juga berpendapat jika resiko ini bisa benar-benar menurun asalkan kita juga melakukan sarapan yang sehat dan dengan gizi yang seimbang. Banyak orang yang cenderung mengutamakan rasa kenyang saat sarapan karena dianggap bisa memberikan energi yang cukup untuk beraktifitas dalam sehari. Padahal, yang dibutuhkan tubuh justru kadar gizi yang seimbang antara karbohidrat, serat, dan juga protein. Untuk memastikan bahwa resiko terkena stroke benar-benar turun, maka kita tentu harus memastikan bahwa sarapan kita sehat dan seimbang setiap harinya.