Sarapan Nasi Lauk Mie Instan? Siap-Siap Saja Mudah Mengantuk

DokterSehat.Com– Karena ingin mengkonsumsi makanan yang praktis dan mudah untuk dibuat, cukup banyak orang yang akhirnya memilih nasi lauk mie instan saat sarapan pagi. Tak hanya cepat untuk dibuat, mengkonsumsi nasi dan mie instan juga bisa mengenyangkan dan memiliki rasa yang enak. Sayangnya, kerap mengkonsumsi keduanya saat sarapan pagi justru beresiko akan membuat kita mudah mengantuk seharian. Kok bisa?



Pakar kesehatan gizi yang berasal dari Gorontalo bernama Djoko Sutopo menyebutkan bahwa nasi dan mie instan adalah makanan yang sama-sama kaya akan kandungan karbohidrat. Jika kita mengkonsumsi keduanya bersamaan, maka usus akan bekerja keras untuk mencernanya agar bisa diubah menjadi energi. Sekilas memang mengkonsumsi keduanya akan memberikan kita banyak pasokan energi. Namun, untuk mencerna karbohidrat ini, tubuh membutuhkan semacam enzim yang terbuat dari protein yang ternyata membutuhkan mineral dan vitamin untuk aktif. Padahal, kita sama sekali tidak mengkonsumsi sayuran atau buah yang kaya akan mineral dan vitamin.

Tidak adanya asupan vitamin dan mineral saat sarapan pagi inilah yang akan membuat proses pencernaan karbohidrat dari mie instan dan nasi tidak akan berjalan dengan lancar. Alhasil, hanya sedikit energi yang didapatkan dari sarapan yang kita konsumsi dan akhirnya kita pun mudah mengantuk dan merasa lelah seharian.

Melihat adanya fakta ini, pastikan untuk selalu mengkonsumsi makanan dengan kadar gizi seimbang saat sarapan pagi dan tidak pernah meninggalkan sayuran dan buah.