Sarapan Dengan Roti Tawar Apakah Sudah Cukup Sehat?

DokterSehat.Com – Jika kita melihat acara televisi dari luar negeri atau bahkan acara sinetron di televisi lokal yang cenderung menggambarkan kehidupan orang dewasa, maka kita akan mendapati bahwa banyak orang yang melakukan sarapan pagi hanya dengan roti tawar. Baik itu hidangan roti tawar yang dipanggang, diberi olesan selai, atau bahkan diberi beberapa tambahan lauk dan dihidangkan layaknya sandwich, memang akan terlihat cukup lezat untuk mengawali hari. Roti tawar juga diyakini bisa memberikan energi yang dibutuhkan untuk aktifitas setiap hari. Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah sarapan dengan roti tawar akan baik bagi tubuh kita?

doktersehat-roti

Pakar kesehatan menyebutkan jika kita cenderung menganggap roti tawar sebagai salah satu pengganti sarapan pagi secara penuh. Maksudnya adalah, jika kita bisa mengkonsumsi nasi dan berbagai lauk di pagi hari, maka kita bisa hanya memakan roti tawar yang sudah dipanggang atau diolesi dengan selai saja dan kita sudah merasa kenyang. Sayangnya, dibalik rasa kenyang ini roti tawar ternyata hanya memberikan nutrisi yang sangat sedikit karena kita tidak mengkonsumsi lauk-laukan yang kaya vitamin, asam folat, seng, dan berbagai nutrisi lainnya. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyebutkan jika andai anda memiliki pilihan untuk mengkonsumsi makanan yang jauh lebih bernutrisi, maka kita pun sebaiknya tidak sarapan dengan roti tawar saja.

Selain roti tawar berwarna cokelat, kini juga ada varian roti tawar putih yang terbuat dari tepung putih. Roti tawar ini bahkan tidak memiliki nutrisi yang lebih baik dari roti tawar yang biasanya kita konsumsi dan bahkan dianggap sebagai pengganjal perut saja. Jika kita mengkonsumsi makanan ini sebagai sarapan, tentu kita tidak akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, bukan?

Baca Juga:  Keguguran pada Kehamilan (Aborsi Spontan) - Definisi, Penyebab, dan Gejala

Pakar kesehatan juga menyebutkan jika roti tawar dikonsumsi secara rutin saat sarapan, maka kita bisa membuat tubuh mengalami lonjakan gula darah dengan sangat cepat. Hal ini dikarenakan roti tawar memiliki indeks glikemik yang cenderung tinggi. Jika hal ini dilakukan terus menerus, maka kita pun akan meningkatkan resiko beberapa penyakit layaknya obesitas ataupun diabetes.

Roti tawar memang terasa enak dan kenyang untuk dimakan. Namun, ada baiknya kita tetap memperhatikan kadar gizi yang seimbang pada makanan yang setiap hari kita konsumsi. Andai kita sudah terbiasa mengkonsumsi roti tawar sebagai masakan, kita bisa mencari tambahan lauk lain yang bisa menyediakan nutrisi yang dibutuhkan oleh kesehatan tubuh kita.