Sarapan Dengan Makanan Ini Bisa Menurunkan Kolesterol

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang paling ditakuti oleh banyak orang adalah meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Dengan memiliki kadar kolesterol yang tinggi, maka kita pun akan meningkatkan resiko terkena berbagai penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung, stroke, dan lain sebagainya. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan bahwa ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan naiknya kadar kolesterol layaknya berat badan yang berlebihan, malas berolahraga, sering merokok, kebiasaan mengkonsumsi alkohol, hingga mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Sayangnya, kebiasaan-kebiasaan tersebut cenderung kerap dilakukan oleh kita.

doktersehat-sehat-makanan-oatmeal-jantung-aple-stetoskop-serat

Melihat betapa berbahayanya jika kita memiliki kadar kolesterol yang tinggi, ada baiknya kita mencoba untuk menurunkannya. Salah satu cara yang cukup efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah adalah dengan mulai menerapkan pola makan yang sehat. Untuk sarapan pagi sendiri, kita bisa mengkonsumsi makanan tertentu yang diyakini cukup efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mengkonsumsi oatmeal bisa membantu menurunkan masalah kolesterol tinggi. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik, maka kita juga bisa menambahkan kacang almond di dalamnya. Jika kita mengkonsumsi sarapan oatmeal dan almond ini selama satu bulan, maka kadar kolesterol dalam darah pun bisa turun dengan signifikan.

Oats ternyata memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga mampu mengikis kolesterol pada pembuluh darah. Sementara itu, almond juga kaya akan serat dan juga asam lemak omega 3 yang juga ikut membantu menurunkan kadar kolesterol secara alami.

Tak hanya oatmeal dan almond, kita juga bisa mengkonsumsi bahan makanan lainnya saat sarapan layaknya buah-buahan, sayuran, susu rendah lemak, dan juga biji-bijian. Selain itu, cobalah untuk mulai membatasi makanan yang kaya akan lemak trans dan lemak jenuh, mengurangi asupan gula dan garam, hingga memperbanyak asupan air minum. Dengan melakukan hal ini, kita bisa mengusir masalah kolesterol dari dalam tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit berbahaya.