Saran Menu Diet Mayo yang Sehat untuk Diterapkan

DokterSehat.Com – Berat badan berlebih memang dianggap penghalang untuk terlihat menarik, terutama bagi Anda para kaum hawa. Sudah banyak cara dipraktikan untuk menurunkan berat badan namun hasinya nihil. Kini ada satu jenis diet yang bisa Anda coba. Diet Mayo adalah jenis diet yang aman baik untuk pria maupun wanita.

15

Program diet ini tergolong mudah untuk dijalani. Pantangannya hanya satu, hindari makanan yang mengandung garam. Jadi selama Anda menjalankan diet ini, kadar garam dalam tubuh akan dikeluarkan  dari tubuh bersama air melalui urine, keringat, dan feses. Seuasai proses ini, tubuh tidak lagi mendapatkan tambahan garam yang biasanya terdapat pada makanan. Padahal kadar garam yang terdapat pada makanan akan menambah volume air dalam tubuh sehingga menyebabkan gejala obesitas.

Berikut adalah beberapa menu diet mayo yang sehat yang bisa Anda coba terapkan setiap kali makan :

  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih
    Jangan terlalu banyak meminum cairan lain selain air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda. Jumlah ideal air putih ideal yang sebaiknya diminum adalah sebanyak 8 gelas atau setara 2 liter perhari. Apabila cairan tubuh terpenuhi, maka metabolism dan aliran darah akan lancer yang berpotensi memberikan dukungan pada program diet mayo yang dijalankan.
  • Atur porsi daging yang dikonsumsi dan cara memasaknya
    Protein memang bisa didapatkan dalam kadar yang tinggi dari daging, namun apabila porsi dan cara memasaknya tidak diatur, malah tidak akan memberikan manfaat maksimal pada program diet yang dijalankan. Pilihlah daging yang tidak mengandung terlalu banyak lemak, cara memasaknya boleh dikukus atau disayur. Hindari proses memasak dengan cara digoreng dan hindari garam walaupun Anda menginginkannya.
  • Sayur pelengkap menu diet mayo yang sehat
    Pada umumnya semua sayur memang ideal dan baik untuk setiap jenis program diet, tetapi untuk diet mayo ini, ada kekhususan tersendiri yakni dengan meminimalisir penggunaan garam. Salah satu contoh adalah dengan memasak sayur bayam dalam waktu yang tidak terlalu lama, tambahkan pula selada segar di berbagai menu yang dikonsumsi saat menerapkan program diet mayo ini.
Baca Juga:  Konsumsi Makanan Ini Saat Liburan

Itulah 3 saran menu diet mayo yang sehat sesuai anjuran ahli gizi dan konsultan diet. Sebagai pelengkap, Anda pun sebaiknya menjadwalkan waktu makannya dengan cara mengklasifikasikan menu berdasarkan jumlah hari dalam seminggu. Misal hari ke 1 dengan ke 8 memilih menu A, hari ke 2 dan ke 9 memilih menu B, dan seterusnya. Dengan cara ini, maka pelaksana program diet tidak akan merasa bosan dengan menu yang sebetulnya sama setiap minggunya.