Santapan Untuk Menutrisi Kulit

DokterSehat.Com– Selain memenuhi kecukupan cairan, pemilihan makanan yang tepat jadi faktor pendukung kulit indah dan sehat. Kandungan vitamin dan mineralnya bisa membantu mencerahkan, mengencangkan, dan melembabkan kulit. Tak heran, jika pola diet yang salah bisa membuat kulit terlihat lebih kusam. Karena itu, pilih-pilih dulu jenis makanan yang mampu menutrisi kulit.

doktersehat-wanita-cantik-muka-wajah-make-up-cuci-sunblock

1. Jeruk
Jeruk memiliki banyak vitamin C yang bisa membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet (UV). Vitamin C juga membantu meningkatkan kolagen yang berfungsi untuk menjaga kulit tetap kencang dan bebas kerut. Asupan vitamin C yang cukup akan membantu mengatasi pendarahan gusi, luka, kulit kusam, dan risiko kerusakan kulit dari akibat paparan matahari.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jeruk, Anda membutuhkan sekitar 200 mg vitamin C setiap hari. Ukuran ini setara dengan konsumsi satu buah jeruk setiap harinya. Sebaiknya, konsumsi jeruk utuh ketimbang minum jus jeruk.

2. Pepaya
Pepaya merupakan buah yang memiliki kalori yang rendah. Selain itu, buah juga memiliki karotenoid yang membantu melepaskan vitamin A. Vitamin A mampu melindungi kulit dari kerusakan, dan menghambat penuaan dini. Pepaya juga dikenal bisa mengurangi risiko kanker kulit.

Agar terlindungi lebih maksimal, konsumsi sekitar 200 gram pepaya, atau setara dengan semangkuk besar. Bagian yang paling dekat dengan biji pepaya, merupakan bagian yang paling kaya akan nutrisi, sehingga sebaiknya jangan disisihkan. Untuk membersihkan bijinya, gunakan garpu.

3. Gandum utuh
Gandum utuh mengandung vitamin B yang tinggi, dan berfungsi untuk mengganti sel-sel kulit mati, membantu pertumbuhan sel-sel yang baru, dan menjaga ketahanan kulit dari infeksi dan stres. Kandungan niasin dalam gandum juga membantu sel kulit untuk menyerap nutrisi, dan membantu melepaskan energi sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

Gandum utuh bisa dikonsumsi melalui berbagai pilihan roti, biskuit, dan pasta. Mengonsumsinya secara teratur juga bisa membantu mengatasi kulit pecah-pecah, kasar, luka di mulut, dan lain-lain.

4. Biji bunga matahari
Kandungan asam lemak esensial di dalam biji bunga matahari bisa membantu kulit mengeluarkan minyak alami yang berfungsi untuk mencegah kulit kering. Asam lemak juga membantu memperbaiki tekstur rambut dan mengurangi komedo.

Agar lebih maksimal, santap satu sendok teh biji bunga matahari per satu atau dua minggu sekali. Bisa juga mengganti biji bunga matahari dengan minyak bunga matahari untuk memasak. Asupannya bisa membantu mengatasi psoriaris, kulit bersisik, jerawat, atau ruam.

5. Teh hijau
Teh hijau memang sarat dengan kandungan flavonoid dan antioksidan. Antioksidan dalam teh hijau bisa membantu mengatasi risiko akibat sinar UV, dan menghambat penuaan. Cukup rendam teh hijau celup dalam secangkir air panas minimal tiga menit agar semua ekstraknya keluar. Namun jangan campurkan susu ke dalamnya, karena bisa menetralkan antioksidan di dalamnya.

Baca Juga:  Perawatan Perut Setelah Sedot Lemak

6. Air.
Air menjaga akar kulit tetap lembab, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, membantu sel menyerap nutrisi dan mengeluarkan racun. Selain itu, air juga memperlancar aliran darah, menjaga kulit tetap bercahaya.

7. Selenium
Selenium merupakan mineral yang membantu melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas. Selain itu, mineral ini juga berfungsi mencegah kanker. Anda bisa mendapatkan selenium dari makanan seperti kacang brazil, jamur kancing, udang, daging domba, ikan cod, tuna, salmon, daging sapi, kerang, sarden, kepiting, dan pasta whole-wheat.

8. CoQ10: Coenzyme Q10
CoQ10 merupakan antioksidan kuat yang secara alami diproduksi di dalam tubuh. Antioksidan ini melindungi kulit dan sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, CoQ10 juga terlibat dalam produksi energi dan fungsi sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mendapatkan antioksidan ini dari oily fish seperti salmon dan tuna, daging organ seperti hati, serta whole grain.

9. Antioksidan untuk sel sehat
Antioksidan mencegah atau memperlambat kerusakan sel akibat radikal bebas. Kerusakan ini akan menyebabkan tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan kulit kering. Antioksidan bisa ditemukan dalam semua jenis makanan, khususnya buah dan sayuran berwarna seperti berries, tomat, aprikot, bit, labu, bayam, ubi jalar, cabai, kacang kedelai dan jeruk.

10. Vitamin A untuk perbaikan kulit
Ingin kulit cerah dan halus? Tambah asupan jeruk, wortel atau blewa. Buah dan sayuran ini kaya vitamin A, yang membantu menjaga kelembaban lapisan kulit bawah Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan vitamin A dari sayuran hijau, telur, dan produk susu rendah lemak seperti keju dan susu.

11. Vitamin C: Lindungi dari sinar matahari
Vitamin C membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Selain itu, vitamin C juga memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas umumnya merusak serat kulit seperti kolagen dan elastin. Vitamin ini bisa didapat dari paprika merah, buah sitrus, pepaya, kiwi, brokoli, dan sayuran hijau.

12. Vitamin E: Tingkatkan kesehatan kulit
Vitamin E merupakan antioksidan lain yang bisa mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari. Vitamin ini juga berperan sebagai antiperadangan dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini bisa didapatkan dari minyak sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, zaitun, bayam, asparagus, dan sayuran hijau.

13. Asam lemak esensial
Asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6 membantu memproduksi lapisan minyak pelindung alami kulit serta mencegah munculnya jerawat. Anda bisa mendapatkan lemak esensial ini dari minyak zaitun dan canola oil, biji rami, kenari, serta jenis ikan seperti salmon, sarden dan makarel.

14. Minyak sehat
Beberapa jenis minyak lebih kaya asam lemak esensial dibandingkan minyak lain. Virgin olive oil misalnya, lebih kaya asam lemak dibandingkan jenis minyak komersial lainnya. Minyak ini membantu melembabkan kulit dan menjaga agar kulit terlihat dan terasa sehat.