Santap Makanan Ini untuk Kulit yang Lebih Sehat

DokterSehat.Com – Perawatan pada kulit adalah hal yang wajib dilakukan. Namun hal yang tidak boleh dilupakan juga adalah tetap menjaga asupan yang masuk dalam tubuh. Asupan makanan yang sehat tentunya juga dapat membuat kulit menjadi sehat. Dibawah ini adalah beberapa makanan yang baik untuk kesehatan kulit :

shutterstock_133962980 copy

1. Teh
Teh mengandung polyphenol yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Berdasarkan beberapa penelitian, polyphenol bisa mencegah kanker kulit karena sinar matahari. Teh hijau khususnya kaya akan kandungan EGCG yang dapat menjaga kulit tampak lebih muda. Teh hijau dapat menghambat peradangan dan memperlambat kerusakan DNA.

2. Mangga
Mangga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kulit antara lain kaya akan vitamin C, vitamin A dan folat. Antioksidan dari vitamin C ini membantu pembentukan kolagen, regenerasi dan penyembuhan luka. Penelitian menyebutkan bahwa konsumsi buah tinggi vitamin C mengurangi kulit kering, dan mengurangi kerutan wajah. sumber vitamin C yang lain adalah paprika merah, jeruk, pepaya, kiwi, dan brokoli.

3. Vitamin E
Vitamin E juga merupakan antioksidan yang baik untuk kulit, melindungi dari kerusakan kulit karena sinar matahari dan juga baik untuk mengurangi peradangan. Vitamin E banyak didapat dari kacang, minyak sayur, minyak zaitun dan sayuran hijau.

4. Vitamin A
Vitamin A memiliki manfaat yang baik untuk kulit antara lain untuk mengurangi kerutan dan noda hitam di kulit. Makanan kaya akan vitamin A bisa dijumpai pada wortel dan jeruk.

5. Minum Air putih yang Cukup
Minum air sangatlah bagus untuk kulit karena membantu kulit untuk tetap lembab. Selain itu, juga membantu sel-sel kulit memperoleh nutrisi dan terhindar dari racun. Yang disarankan adalah minum 8 gelas air per hari. Kandungan air yang ada dibuah-buahan juga dapat dikonsumsi.

Baca Juga:  Haruskah Selalu Menghitung Kalori

6. Pakai minyak yang baik untuk kulit
Beberapa minyak memiliki kandungan asam lemak esensial yang baik untuk kulit, antara lain minyak zaitun. Minyak tersebut bisa membantu menjaga kelembaban kulit sehingga kulit tampak lebih sehat.

7. Salmon
Salmon tidak hanya baik untuk kesehatan jantung namun juga baik untuk kesehatan kulit. Kandungan asam lemak omega-3 yang ditemukan pada salmon sangatlah penting untuk kesehatan kulit. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang sering mengkonsumsi ikan memiliki jumlah kerutan lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi lebih banyak daging. Selain itu omega-3 dapat membantu melindungi dari kanker kulit.