Sandal Jepit Ternyata Kurang Aman Untuk Sering Dipakai

DokterSehat.Com – Sandal jepit adalah alas kaki yang sudah dianggap sangat merakyat di Indonesia. Kita bahkan bisa tanpa malu-malu memakai sandal jepit untuk berbagai aktifitas di sekitar rumah atau bahkan di tempat pembelanjaan. Ada banyak faktor yang menyebabkan sandal jepit disukai oleh banyak orang. Selain harganya yang murah dan tidak masalah dipakai di berbagai macam cuaca, sandal jepit juga cenderung nyaman digunakan dan tidak merepotkan saat dilepas dan dipakai lagi. Sayangnya, dibalik kemudahan yang ditawarkan oleh sandal jepit, sandal jepit ini kurang aman untuk sering-sering dipakai.

doktersehat-penderita-diabetes-pakai-sandal-jepit

Pakar kesehatan dari American Orthopaedic Foot and Anckle Society, John Anderson, MD, menyebutkan jika banyak orang yang menyukai sandal jepit untuk dipakai di musim panas. Sayangnya, meskipun terkesan melindungi, bagian bawah kaki ternyata tidak benar-benar terlindungi dengan baik oleh sandal jepit. Permukaannya yang sangat empuk kadangkala membuat kita tetap merasakan kerasnya lantai, tanah, bebatuan, atau apapun yang kita pijak dengan sandal jepit sebagai alas. John Anderson berpendapat jika penggunaan sandal jepit bisa membuat resiko munculnya terkilir, nyeri pada lutut, pinggul, hingga cedera pada punggung. Bahkan, tumit kaki dan juga plantar fasciitis juga bisa mengalami masalah jika kita terlalu sering memakai sandal jepit.

Sandal jepit juga tidak memberikan perlindungan yang sempurna bagi kaki mengingat jika kita menginjak benda tajam layaknya kaca atau paku, kaki kita masih bisa tertembus dan terluka mengingat bahan sandal jepit yang cenderung lunak dan mudah tertembus. Kita juga masih beresiko tertimpa benda dari atas atau menabrak berbagai benda yang beresiko menyebabkan kuku robek atau bahkan patah.

Selain untuk berjalan kaki, sandal jepit juga sangat tidak direkomendasikan oleh mereka yang memakai sepeda motor, apalagi untuk jarak yang jauh karena memberikan resiko luka atau cedera yang sangat besar jika terjadi kecelakaan. Sandal jepit memang cukup aman untuk dipakai di sekitar rumah. Namun, ada baiknya kita mempertimbangkan alas kaki yang lebih baik dalam melindungi kaki jika kita melakukan aktifitas di luar rumah lainnya.