Sampah Dari Bahan Alami Ini Ternyata Masih Bisa Kita Pergunakan Lho

DokterSehat.Com – Cukup banyak bagian dari bahan alami layaknya biji atau kulit buah-buahan tertentu yang seringkali kita buang karena dianggap tidak bisa dikonsumsi atau digunakan. Padahal, sampah dari beberapa bahan alami ini ternyata sebaiknya tidak kita buang terlebih dahulu karena bisa memberikan beragam manfaat. Apa sajakah sampah tersebut?

doktersehat-buah-apel-harus-dicuci-dulu

Kulit jeruk
Banyak dari kita yang langsung membuang kulit jeruk begitu kita mengupasnya saat memakannya. Padahal, kulit jeruk masih bisa kita pergunakan untuk berbagai macam manfaat. Sebagai contoh, wangi kulit jeruk bisa membuat ruangan memiliki aroma yang lebih segar. Untuk memanfaatkannya, kita hanya perlu mengupas kulit jeruk dengan berhati-hati agar memiliki ukuran yang cukup besar. Tuangkan minyak pada kulit jeruk di tengah bagian kulit jeruk yang berukuran besar tersebut. Alhasil, kulit jeruk ini pun bisa menjadi lilin yang bisa menyebarkan aroma wangi dan menyegarkan ruangan.

Kulit kentang
Sebagaimana kulit jeruk, kita juga menganggap kulit kentang sebagai benda yang tidak berguna. Padahal, jika kita jeli, kulit kentang bisa kita gunakan sebagai keripik yang cukup renyah. Cukup dengan mencuci kulit kentang hingga bersih dan mencampurkannya dengan sedikit minyak, garam, dan lada, kita tinggal memanggangnya di suhu tinggi selama setengah jam.

Kulit apel
Jangan buang kulit dan bagian tengah buah apel. Masukkan bagian apel tersebut pada wajan yang anti lengket dan kemudian tambahkan secangkir air dan secangkir gula pasir. Masak semua bahan ini hingga mendidih dan kemudian tempatkan di dalam wadah hingga mendingin. Kita pun sudah membuat selai apel yang memiliki rasa yang nikmat.

Biji kurma
Jangan membuang biji kurma setelah memakannya. Kumpulkan biji ini dan kemudian cucilah dengan bersih. Setelahnya, biji kurma bisa dipanaskan pada wajan hingga menjadi kecokelatan dan kemudian diblender agar menjadi bubuk. Bubuk biji kurma ini bisa dijadikan minuman yang nikmat layaknya kopi.