Awas, Salah Pakai Sepatu Bikin Jari Kaki seperti Palu!

DokterSehat.com – Alas kaki berguna untuk melindungi kaki dari kotoran ataupun benda-benda yang bisa melukai kaki. Mengingat fungsinya yang amat penting tentunya benda ini bisa berjam-jam melekat di kaki. Salah memilih sepatu bisa berakibat fatal bagi kesehatan kaki. Salah satu dampak dari penggunaan sepatu yang salah adalah jari kaki menjadi seperti palu.



Jari kaki yang lebih panjang dari normal dan pergeseran yang berlebih terkadang menyebabkan munculnya borok di bagian atas jari kaki. Karena itulah penting sekali untuk menggunakan sepatu yang nyaman dan tidak melukai jari kaki selama beraktivitas.

Borok atau iritasi kulit yang disebabkan pemakaian sepatu yang salah masih bisa diobati. Sementara untuk jari kaki seperti palu yang menjadi keras bisa dilakukan tindakan operasi.

Gunakanlah sepatu yang benar-benar nyaman untuk Anda pakai sehari-hari. Berikut ini beberapa tips yang bisa membantu Anda memilih sepatu yang benar-benar sesuai untuk kaki:

1. Pilih sepatu yang memberikan ruangan yang memadai untuk jari kaki. Jangan biarakan jari-jari kaki menekuk saat memakai sepatu.

2. Sepatu berhak rendah lebih baik ketimbang hal tinggi sebab sepatu hak tinggi berisiko menyebabkan masalah pada punggung.

3. Pastikan sepatu yang Anda gunakan sesuai , terikat, dan memberi ruang.

4. Pilih sepatu atletik yang nyaman, sandal diikat atau lembut, pijakan yang lapang dengan sol empuk.

5. Hindari sepatu dengan bahan plastik atau vinil yang bisa membuat kaki tidak bernapas saat berkeringat.

6. Sebelum membeli sebaiknya  ukur kedua kaki Anda. bisa jadi ukuran kaki kanan dan kiri berbeda.

7. Belilah sepatu saat tengah hari karena kaki lebih kecil saat pagi hari dan membesar sepanjang hari.

Baca Juga:  5 Penawar Alergi Udang

8. Makin berumur, ukuran sepatu makin berubah, terutama lebarnya. Jadi pastikan kaki merasa nyaman dengan sepatu yang lama.

Semoga bermanfaat.