Salah Posisi Duduk Ternyata Bisa Memicu Datangnya Varises

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang cukup menggangu penampilan seseorang adalah varises. Bagaimana tidak, pada betis akan terlihat urat-urat dengan warna biru kehijauan dan menonjol yang tentu akan membuat kaki tidak terlihat indah. Meskipun sangat mengganggu penampilan, cukup banyak orang yang tidak mengerti penyebab dari munculnya varises ini. Padahal, bisa jadi varises ini disebabkan oleh kebiasaan duduk kita yang tidak benar.

doktersehat-duduk-lama-kantor-kerja-resiko-diabetes

Menurut pakar kesehatan spesialis jantung dan pembuluh darah bernama dr. Isman Firdaus, SpJP, MD, duduk dengan posisi yang tidak benar dalam waktu yang lama ternyata akan meningkatkan resiko munculnya varises. Sebagai informasi, posisi duduk yang tepat adalah memposisikan kaki bagian atas dan bagian bawah dalam sudut 45 derajat. Hanya saja, kadangkala kita harus duduk bersila di lantai saat ingin menonton televisi atau melakukan aktifitas lainnya. Padahal, dengan duduk bersila, kita akan mengalami gangguan aliran darah pada pembuluh darah vena yang kembali ke jantung. Biasanya, gejala awal dari gangguan aliran darah ini adalah munculnya kesemutan. Jika hal ini kerap terjadi, maka varises bisa muncul pada kaki.

Varises ternyata disebabkan oleh inkompentensi vena dalam melakukan fungsinya. Karena darah tidak bisa kembali ke jantung dengan sempurna, maka pada pembuluh darah terjadi penumpukan darah. Hal ini akhirnya menyebabkan pelebaran ukuran pembuluh darah yang akhirnya terlihat menonjol pada kaki.

Tak hanya duduk bersila, duduk dengan cara menumpangkan paha pada kaki seperti yang dilakukan oleh orang Jepang juga bisa menyebabkan varises. Hal tersebut disebabkan oleh betis dan paha yang membentuk sudut 20 hingga 25 derajat saja yang tentu akan mengganggu aliran darah.

Lantas, apakah kita tidak boleh duduk dengan bersila atau yang seperti cara duduk orang Jepang saat berada di atas lantai? Dr. Isman berkata bahwa sebenarnya boleh-boleh saja duduk dengan posisi tersebut asalkan jangan terlalu lama. Jika kita melakukannya cukup lama, ada baiknya kita memposisikan kaki lurus saja agar bisa mencegah varises.