Salah Memotong Sayur Justru Bisa Membuatnya Terpapar Bakteri

DokterSehat.Com– Bagi mereka yang hobi memasak, memotong sayur termasuk dalam hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa cukup banyak orang yang tidak memperhatikan cara mengolah sayurnya, termasuk saat memotongnya sebelum dimasak sehingga akhirnya membuat sayur yang dikonsumsi terpapar bakteri atau kehilangan berbagai nutrisi baiknya. Apa sajakah kesalahan tersebut?

doktersehat-bayam-sayur

Terlalu terburu-buru dalam mencuci sayur
Banyak orang orang kini akan segera mencuci sayur yang baru saja dibeli dan kemudian menyimpannya di lemari pendingin. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, kebiasaan ini justru membuat sayuran akan mengalami peningkatan kadar bakteri dan akhirnya membuatnya lebih cepat membusuk. Pakar kesehatan lebih menyarankan kita mencucinya sebelum dimasak saja.

Terlalu cepat dalam memotong sayur
Sebagaimana saat kita mencuci sayur, ada baiknya kita juga tidak memotong sayur dan kemudian kita simpan di lemari pendingin. Jika kita melakukannya, kualitas sayuran menurun dan resiko terpapar bakteri juga meningkat.

Tidak memakai peralatan memotong yang benar
Banyak orang yang memakai talenan dan pisau yang sama untuk memotong sayuran dan daging. Padahal, kebiasaan ini justru akan membuat sayuran bisa saja terpapar bakteri yang berasal dari daging. Pastikan untuk memakai talenan yang terpisah dan terbuat dari bahan kayu yang keras dan anti gores sehingga menurunkan resiko bakteri yang bersembunyi pada goresan talenan.

Pisau yang dipakai kurang tajam
Jika pisau yang dipakai untuk memotong sayuran tumpul, bisa jadi pisau ini akan lebih mudah tergelincir dan akhirnya melukai tangan kita. Pisau yang tajam akan membuat sayuran terpotong dengan baik.

Tidak mencucinya dengan baik
Beberapa jenis sayuran ternyata sebaiknya tidak dicuci dengan air yang mengalir namun dengan cara merendamnya. Sementara itu, beberapa sayuran yang keras layaknya wortel dan sayuran berakar lain sebaiknya disikat terlebih dahulu karena berasal dari dalam tanah.