Salah Kaprah, Minum Air Bukan Solusi Utama Mengatasi Masalah Tersedak

doktersehat-makan-tersedak-tenggorokan

DokterSehat.Com– Kita tentu kerap mendengar saran dari orang tua yang melarang kita untuk berbicara saat sedang makan. Jika kita melakukannya, maka besar kemungkinan kita akan mengalami tersedak.

Tak disangka, saran ini ternyata benar adanya. Pakar kesehatan di bidang telinga, hidung, tenggorokan, kepala, serta leher, bernama dr. Zainal Adhim, Sp THT-KL menyebutkan bahwa leher kita memiliki dua saluran, yakni pernafasan yang terkait dengan hidung dan paru-paru dan saluran pencernaan yang langsung mengarah ke kerongkongan dan lambung. Terdapat satu titik dimana kedua saluran ini bertemu dan hanya dipisahkan oleh sebuah katup yang akan terbuka jika kita berbicara. Karena alasan inilah, jika kita berbicara saat makan, bisa jadi makanan kita masuk ke saluran pernafasan, bukannya menuju saluran pencernaan dan memicu tersedak.

Menurut dokter yang berasal dari Rumah Sakit Pondok Indah ini, tersedak bukanlah hal yang bisa kita sepelekan begitu saja. Dalam banyak kasus, tersedak bisa memicu sesak nafas yang cukup parah atau bahkan kematian. Sayangnya, kebanyakan orang berpikir jika asalkan diberi air minum, maka kita akan mengatasi masalah tersedak ini dengan mudah.

Dr. Zainal menyebutkan bahwa tidak semua masalah tersedak bisa diatasi dengan minum air. Dalam beberapa kasus, minum air justru bisa jadi semakin memperparah tersedak. Jika kasus tersedak ini hanya membuat kita merasa nafas menjadi lebih sesak namun masih tetap bisa bernafas, air minum memang bisa menjadi solusi agar makanan yang macet di kerongkongan bisa kembali melaju ke dalam perut. Hanya saja, jika sampai orang yang tersedak merasakan sensasi perih atau bahkan tercekik, jangan diberi air minum karena justru akan membuat saluran pernafasan semakin tersumbat.

Cobalah untuk memberikan pertolongan pertama untuk mengeluarkan makanan yang membuat tersedak. Selain itu, segeralah larikan korban tersedak ke layanan medis terdekat agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Awas, jika tidak segera ditolong, bisa jadi korban tersedak mengalami kematian.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik