Salah Kaprah, Makan Pedas Tidak Meringankan Flu Namun Justru Memperparahnya

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang sengaja mengkonsumsi makanan pedas saat flu. Mereka berpikir jika dengan mengkonsumsinya, maka tubuh akan mengeluarkan banyak keringat dan memberikan sensasi lebih enakan. Padahal, menurut pakar kesehatan, makan pedas justru harus kita hindari saat flu karena kandungan capsaicin di dalam cabai bisa mengiritasi hidung dan akhirnya membuat pilek menjadi semakin parah.

doktersehat-wanita-flu-demam-sakit-flu-babi-swine-influenza

Selain makanan pedas, ada beberapa makanan lain yang sebaiknya kita hindari saat terkena flu seperti sebagai berikut.

Makanan yang kaya gula
Alissa Rumsey yang berasal dari Academy of Nutrition and Dietetics menyebutkan bahwa makanan yang kaya gula mampu membuat sistem kekebalan tubuh lebih lemah sehingga akan membuat kemampuan tubuh dalam melawan infeksi penyebab flu menurun. Karena alasan inilah saat flu ada baiknya kita menghindari makanan manis seperti kue kering, es krim, permen, dan lain sebagainya. Kita lebih disarankan mengkonsumsi sayuran dan buah yang kaya vitamin yang memperkuat sistem imun tubuh.

Susu
Meskipun tergolong minuman sehat, susu ternyata sebaiknya dihindari saat terkena flu karena bisa membuat produksi lendir pada saluran pernafasan menjadi semakin parah. Padahal, jika lendir ini berada dalam saluran pernafasan dalam waktu yang lama, kita bisa mendapatkan masalah kesehatan yang jauh lebih parah. Sering-seringlah minum air putih saat sedang flu untuk membantu proses pemulihan tubuh.

Daging
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa saat flu, ada baiknya untuk sementara kita menjadi vegetarian yang mengkonsumsi buah dan sayuran terlebih dahulu alih-alih daging-dagingan agar bisa lebih cepat sembuh.

Minuman beralkohol
Minuman beralkohol bisa melemahkan sistem imun tubuh sehingga membuat sakit menjadi semakin parah. Alkohol juga bisa membuat tubuh dehidrasi sehingga sebaiknya memang tidak kita konsumsi.