Salah Bantal Ternyata Juga Bisa Membuat Masalah Insomnia

DokterSehat.Com – Kini, semakin banyak orang yang mengalami masalah insomnia atau sulit untuk tidur. Pakar kesehatan menuding kesibukan masyarakat, khususnya yang tinggal di perkotaan yang penuh dengan tekanan dan stress baik itu yang berasal dari pekerjaan atau bahkan kehidupan sosial membuat banyak orang sulit untuk tidur. Namun, tahukah anda jika kadangkala masalah sulit untuk tidur ini disebabkan oleh hal yang sangat sepele, yakni salah bantal! Bagaimana hal ini bisa terjadi?

shutterstock_159635603 copy

Pakar kesehatan yang menulis buku Sleep Smarter, Shawn Stevenson, menyebutkan jika bantal yang tidak nyaman ternyata bisa menyebabkan kita susah untuk tidur. Beliau menyebutkan jika bantal yang banyak dijual di pasaran kini cukup banyak yang berukuran besar. Memang, bantal tersebut terlihat sangat nyaman untuk digunakan dan juga empuk. Namun, dalam realitanya, bantal ini akan membuat posisi kepala dan leher kita menjadi tidak nyaman sehingga kita pun sulit untuk segera terlelap.

Stevenson juga menyebutkan jika bantal yang besar dan empuk ini bisa memicu sakit leher mengingat ukurannya yang besar akan sangat mengganggu postur tulang belakang menjadi tida ideal. Selain rasa nyeri di leher, kita juga akan lebih mudah terkena sakit kepala dan nyeri punggung. Hal-hal ini akan membuat masalah sulit tidur kita akan menjadi lebih parah, bukan? Karena alasan inilah beliau sangat menyarankan kita untuk menyingkirkan bantal berukuran besar dan mulai memakai bantal yang lebih kecil, lebih tipis, atau bahkan tidak menggunakan bantal sama sekali agar bisa mengatasi masalah insomnia.

Selain salah memilih bantal, kadangkala kebiasaan orang untuk tidur dengan posisi tengkurap namun tetap memakai bantal juga sangat tidak baik bagi tubuh mengingat otot leher mengalami kondisi hyperextended atau melengkung dengan berlebihan. Ada baiknya kita singkirkan saja bantal ini agar leher dalam posisi yang nyaman sehingga kita bisa mengatasi masalah insomnia.