Sakitkah Dengan Metode Akupuntur Tanam Benang

DokterSehat.Com – Metode pelangsingan dengan cara akupuntur tentu sudah sangat mewabah didunia kaum hawa dan sangat diminati terutama di kota-kota besar seperti Jakarta Sebuah terapi terobosan akupuntur terbaru saat ini mulai dikenal oleh masyarakat luas yakni akupuntur tanam benang.
Penggunaan teknik akupuntur penanaman benang ini tidak memerlukan tindakan sistemik atau kontinuitas perangsangan dibandingkan teknik accupresure, accupuncture ataupun stapling. Pastinya yang terbayang pertama kali ketika melakukan teknik penanaman benang pada lapisan permukaan kulit ini adalah rasa sakit dan nyeri yang diikuti dengan perdarahan. Benarkah demikian?

15408788571_19cac6744d_k

Untuk mengetahui lebih lanjut apakah akupuntur tanam benang menyakitkan atau tidak, ada baiknya jika mengetahui serangkaian teknik dan prosedur akupuntur penanaman benang yang diolah dari berbagai sumber ini, yaitu :

• Nyeri
Sensasi rasa nyeri, mual hingga kenaikan suhu tubuh mungkin saja terjadi pasca tindakan akupuntur penanaman benang dan akan berlangsung pada kisaran waktu 1-2 minggu dan perlahan akan hilang setelah periode 3-4 minggu, namun terkadang sensasi ini bisa saja terjadi dan hilang sendirinya pada periode 2-3 bulan.

• Tusuk dan tanam
Benang khusus akan disertakan ketika melakukan teknik penusukan pada titik acupuncture atau titik meridian yang dikehendaki. Seiring dengan penanaman benang khusus yang akan larut sendiri menjadi jaringan otot, maka teknik pengikatakan simpul benang akan dilakukan agar benang khusus ini tetap pada tempatnya dan tidak terbawa aliran darah. Benang yang terbawa aliran darah berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan seperti arteriosklerosis atau penyumbatan pembuluh darah.

• Bius local
Teknik pembiusan lokal biasa dilakukan dengan sistem injeksi pada bagian tertentu pada tubuh yang hendak dilakukan penanaman benang. Menurut salah seorang praktisi akupuntur tanam benang yang membuka praktek dikawasan Surabaya ini, dikatakan bahwa penggunaan bius lokal ini dimaksudkan untuk mengurangi rasa nyeri yang mungkin saja timbul pada beberapa pasien.

Baca Juga:  Penyakit Tidak Menular yang Tetap Harus Diwaspadai

Demikianlah serangkaian teknik dan prosedur akupuntur penanaman benang yang sebaiknya perlu diketahui, sehingga apakah akupuntur tanam benang menyakitkan atau tidak pastinya tergantung pada kondisi setiap orang. Namun satu hal yang pasti, sensasi rasa kurang nyaman hanya terjadi pada kurun waktu pasca penanaman benang.

BACA JUGA : Waspada Penyakit Yang Paling Sering Menyerang Pria