Sakit Punggung Setelah Bangun Tidur? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

DokterSehat.Com – Tidak semua orang bangun tidur dengan kondisi yang segar dan bugar. Banyak dari kita yang engeluhkan leher sakit karena salah bantal atau bahkan mengalami sakit punggung. Pakar kesehatan menyebutkan jika posisi tidur kerap menjadi pemicu masalah sakit punggung ini. Namun, posisi tidur tidak selalu bisa menjadi hal yang disalahkan karena ada beberapa penyebab masalah sakit punggung saat bangun tidur lainnya layaknya sebagai berikut.

doktersehat-menjaga-sendi-sehat-nyeri-punggung

Kasur yang tidak nyaman
Banyak orang yang berpikir jika semakin empuk sebuah kasur, maka semakin nyaman tidur yang akan didapatkan. Padahal, kasur yang terlalu empuk bisa membuat posisi tulang belakang, leher, dan kepala menjadi tidak selaras saat kita tidur dan hal ini bisa memicu sakit punggung kronis. Untuk menghindarinya, kita sebaiknya memilih kasur tidur yang lembut namun tidak mudah melengkung sehingga posisi tulang pun menjadi lebih baik. Selain itu, ada baiknya kita tidak memilih kasur yang terlalu keras karena bisa membuat badan menjadi tidak nyaman saat tidur.

Bantal yang tidak nyaman
American Physical Therapy Association sangat menyarankan kita untuk tidak memilih bantal yang terlalu empuk karena bisa memicu posisi leher yang tidak ideal saat tidur. Sebagai contoh, bantal yang terbuat dari bahan bulu sangatlah tidak direkomendasikan karena bisa menyebabkan posisi leher tidak selaras dengan tulang punggung dan pada akhirnya memicu sakit punggung saat kita bangun tidur.

Postur tubuh yang tidak baik
Posisi tidur selalu menjadi hal yang disalahkan pertama kali andai kita terbangun dengan merasakan sakit punggung. Biasanya, posisi tidur tengkurap bisa membuat tulang punggung dan leher berada dalam posisi yang sangat tidak ideal sehingga memicu tekanan berlebihan yang akan membuat kita merasakan sakit pada punggung saat bangun tidur. Pakar kesehatan dari American Chiropractic Association menyarankan kita untuk memilih posisi tidur miring dengan menempatkan bantal diantara kedua lutut atau tidur dengan posisi telentang dengan menempatkan bantal di bawah lutut agar tidur menjadi lebih nyaman dan tidak mudah terkena masalah sakit punggung.