Sakit Perut? Makan Mangga Saja

mangga_doktersehat_2
Photo Source: Flickr/Sean Bonus

DokterSehat.Com– Salah satu buah yang paling digemari masyarakat Indonesia adalah mangga. Jika sedang musim, mangga bisa didapatkan di berbagai tempat dengan harga yang cukup terjangkau. Rasanya yang manis juga bisa membuat kita ketagihan.

Yang menarik adalah, tak hanya lezat dan kaya akan nutrisi menyehatkan, mangga ternyata juga bisa menjadi obat yang mujarab jika kita sedang mengalami gangguan pencernaan. Fakta menarik ini ditemukan oleh Profesor Susane Mertens-Talcott yang berasal dari Texas A & M University.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Prof. Susane, 36 pria dan wanita dilibatkan. Mereka semua adalah penderita sembelit kronis. Sebagian dari para partisipan ini kemudian diminta untuk mengonsumsi 300 gram mangga setiap hari. Hasilnya adalah, konsumsi mangga yang kaya akan serat ini semakin menyehatkan saluran pencernaan dan perut secara keseluruhan. Selain itu, kandungan polyphenol yang ada dalam buah ini juga mampu menjaga kesehatan bakteri baik pada usus kita sehingga mampu mengatasi sembelit dengan efektif.

Selama penelitian yang dilakukan selama empat pekan ini, para partisipan ini juga dicek asupan makanan hariannya, khususnya dalam hal seberapa banyak kalori, serat, karbohidrat, protein, dan lemak yang dikonsumsi setiap hari. Hasilnya adalah, para partisipan yang rajin mengonsumsi mangga secara rutin cenderung lebih jarang mengalami sensasi nyeri perut dibandingkan dengan kelompok partisipan yang hanya mengonsumsi suplemen serat.

Susane berkata bahwa dengan rajin mengonsumsi mangga dan asupan serat lainnya, maka risiko untuk terkena sembelit atau diare akan bisa diturunkan dengan signifikan. Hanya saja, jika sakit perut ini tak kunjung mereda meski kita sudah berusaha untuk makan mangga, jangan ragu untuk segera memeriksakannya ke dokter agar mendapatkan solusi yang tepat.