informasi kesehatan


Sakit Perut Gejala, Penyebab dan Solusinya

Sakit Perut Gejala, Penyebab dan Solusinya

DokterSehat.com – Ini penyakit sejuta umat, siapapun rasanya pernah terkena sakit perut. Beberapa hal di bawah akan membedakan jenis sakit perut yang Anda alami -ditinjau dari gejalanya, kemudian langkah pertama untuk mengatasinya. Tentu saja, pada kasus-kasus yang berat Anda butuh bantuan dari ahlinya -dokter di sebelah rumah Anda.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan?

1. MAAG

Gejala: Rasa nyeri di derah uluhati, disertai keluhan lain seperti mual, muntah, perut kembung, cepat kenyang, dan bersendawa -terutama ketika Anda lapar.

Penyebab: Macam-macam. Bisa karena makanan, terutama makanan yang mengandung gas seperti kol, ubi, dan sawi. Atau bisa juga disebabkan minuman seperti kopi, alkohol, dan soda. Selain faktor makanan, maag bisa dihubungan dengan faktor stres, merokok, dan konsumsi obat-obat penghilang rasa sakit termasuk obat rematik.

Solusi: Sebenarnya obat-obatan antimaag yang mengandung antasida cukup untuk mengatasi gejalanya. Antasida ini berfungsi untuk menetralisir asam lambung. Tapi jika rasa sakit itu tidak berkurang, barangkali Anda perlu membuat janji dengan dokter. Jangan lupa, kurangi makanan yang bisa mengganggu kinerja lambung -makanan yang terlalu asam atau terlalu pedas. Dan mulai sekarang, makanlah dengan teratur.

2. BATU EMPEDU

Gejala: Mereka yang memiliki batu pada kandung empedu biasanya merasakan nyeri ulu hati yang hilang timbul. Kadang kala, rasa nyeri itu seolah menjalar ke bagian belakang tubuh.

Penyebab: Makanan berlemak atau bisa juga dikaitkan dengan kadar kolesterol yang terlalu tinggi. Batu empedu adalah endapan kolesterol, bilirubin, atau garam kalsium lainnya yang terbentuk di kantung empedu atau di dekat saluran empedu.

Solusi: Jika pada pemeriksaan dokter -yaitu dengan USG abdomen- sudah dipastikan adanya batu pada kandung empedu, maka sebaiknya Anda harus dioperasi. Apalagi jika batu itu batu kalsium atau batu non kalsium yang terlanjur membesar dan mengeras. Bagaimana lagi?
3. USUS BUNTU

Gejala: Nyeri pada perut bagian kanan bawah. Biasanya disertai mual dan muntah, serta nyeri terus-menerus. Kadang kala, rasa nyerinya akan bertambah hingga tiga kali lipat ketika Anda harus berjalan. Badan Anda akan terasa tidak enak dan meriang. Akibat rasa sakit yang hebat, kadang kala Anda tak sadar untuk memegangi terus bagian perut bagian kanan bawah sambil… mengaduh.

Penyebab: Kuman atau bakteri yang masuk. Jadi jika Anda menyangka penyebabnya adalah akibat terlalu banyak makan cabai atau biji-bijian, Anda termakan mitos.

Solusi: Jika Anda mengalami gejala sakit pada perut di bagian kanan bawah, segeralah ke dokter. Pastikan apakah gejala ini merupakan infeksi usus buntu (apendisitis akut). Jika ya, barangkali Anda harus menginap di rumah sakit untuk operasi. Operasi merupakan cara terbaik karena jika masalah ini didiamkan saja, maka ada kemungkinan usus tersebut pecah, infeksi menyebar ke seluruh perut, yang akibatnya sangat fatal.

4. KOLERA

Gejala: Perut Anda seperti ditekan, merasa nyeri terutama di perut bagian bawah, lalu diikuti kejang otot perut. Perasaan mual dan muntah-muntah biasanya datang setelah mencret. Kolera sering juga disebut dengan penyakit muntaber karena gejala utamanya adalah muntah dan BAB.

Penyebab: Kuman Vibrio cholerae yang punya nama alias lain iBacillus coma. Kuman ini disebarkan melalui makanan dan minuman yang tercemar.

Solusi: antibiotics online Ganti cairan tubuh yang hilang dengan garam oralit. Bila kehilangan cairan tubuh cukup banyak dan penderita sudah tidak dapat menerima cairan dari mulut, maka cairan pengganti diberikan melalui infus.


5. BATU GINJAL

Gejala: Nyeri pada perut kiri atau kanan bawah yang menjalar menuju penis. Jika batu ginjal ini menyerang, boleh jadi Anda akan mengalami rasa nyeri yang luar biasa hebat akibat saluran kemih (yang mirip selang) akan meregang kuat akibat menahan air seni yang tak bisa keluar.
Penyebab: Batu di saluran kencing (batu ureter). Nyeri yang dirasakan hilang timbul dan intensitas rasa sakitnya akan makin bertambah hebat ketika Anda kebelet kencing.

Solusi: Sebenarnya penghilang rasa sakit yang dijual bebas dapat diminum untuk mengurangi rasa nyerinya. Tapi tentu saja itu tergantung intensitas rasa sakitnya, jika terlalu hebat… pasrah sajalah. Pergi ke dokter merupakan langkah cerdas untuk mendapatkan obat penghilang rasa sakit yang biasanya diberikan melalui suntikan. Atau jika batunya terlalu besar dan keras, maka prosedur operasi akan dilakukan untuk menyelesaikan masalah. Ini adalah pelajaran agar Anda rajin minum -terutama jika Anda bekerja di ruangan ber-AC.

6. SEMBELIT

Gejala: Nyeri pada perut yang hilang timbul, lokasinya berada di sekitar pusar. Nyeri ini muncul berkaitan dengan makanan yang Anda konsumsi atau akibat susah buang air besar.

Penyebab: Akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak dan kurang makan sayur-sayuran. Pada kasus yang berat, sembelit bisa disebabkan karena adanya halangan mekanis pada usus seperti radang pada dinding usus, kanker, atau usus yang menonjol keluar.

Solusi: Konsumsilah obat pencahar. Sesuaikan dengan penyebab sembelitnya, jika penyebabnya kotoran Anda terlalu keras beli obat pencahar yang melunakkan tinja, atau pilihlah obat pencahar yang membuat saluran pencernaan terasa penuh sehingga menimbulkan rangsangan untuk BAB, atau pilihlah pencahar yang bisa menyerap cairan.

7. DISENTRI

Gejala: Rasa mulasnya barangkali hampir sama ketika isteri Anda hendak melahirkan. Yang bikin kesal Anda harus bolak-balik ke WC untuk BAB. Sehari mungkin Anda bisa 20 hingga 30 kali BAB, dan kotoran Anda akan mencret serta berlendir. Terkadang, kotoran itu disertai darah.

Penyebab: Konsumsi makanan kotor yang telah terinfeksi kuman shigela dissentri atau amuba usus.

Solusi: Untuk mengobatinya, terlebih dahulu Anda harus mengganti cairan yang telah keluar dengan garam oralit. Pemberian antibiotika sangat penting untuk membunuh kuman. Tapi tetap saja upaya pencegahan lebih penting ketimbang pengobatan. Caranya adalah dengan menjaga kebersihan, membasmi lalat di rumah, serta menjaga makanan dan minuman dari kotoran.

pf button both Sakit Perut Gejala, Penyebab dan Solusinya
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

461 Responses to “Sakit Perut Gejala, Penyebab dan Solusinya”

  1. Reihan says:

    Selamat malam dokter,beberapa perut saya nyeri kadang hilang kadang timbul tp kemarin sakitnya luar biasa karena tidak tahan akhirnya saya ke rumah sakit terdekat dokter mmberi saya 3 suntikan tp tetap sakit bahkan saking sakitnya saya sampai pingsan.Berdasarkan hasil periksaan ada batu di abdomen saya.Saya diberi obat oleh dokter dan harus minum banyak air kata dokter batu itu bisa sedikit demi sedikit keluar melaui urin.Kalau saya lebih baik saya tidak perlu operasi.Dan hari ini saya membaik.Apa benar batu di abdomen saya bisa hilang tanpa operasi?mohon saranya.Trims

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Bisa anda perjelas maksud Batu di abdomen? Apakah ada organ Yg Lebih spesifik? Abdomen (perut) terdekat Dari beberapa bagian dimana di dalamnya terdapat banyak organ seperti liver, usus, ginjal, limpa, empedu. Dll. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. Reihan says:

    Saya menanyakan tentang batu di kandung kemih dk tempo hari,bisakah keluar dengan sendirinya melalui urin?bagaimana pencegahanya agar tak lebih besar dan bagaimana penanggulanganya agar tak tumbh lagi dikemudian hari.Trims

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Pada beberapa kasus bisa keluar, Ada jg Yg tidak keluar. Jaga pola makan anda, banyak minum air Putih, trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. raysha says:

    selamat malam dok,saya ibu berusia 30 th,memiliki anak usia 3 th dan sedang memakai iud.akhir2 ini saya sering merasakan nyeri di perut kanan bawah sampai punggung kanan dan menjalar ke kaki.saat usg doktr posisi iud baik.kira2 penyebabnya apa dok?saya sgt takut mengingat ayah saya meninggal karena kanker setahun lalu dan sepupu saya baru saja di vonis kanker payudara.terimakasih byk

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Ada gangguan berkemih? Gangguan mens? Keputihan? Bagaimana dengan pola makan Dan BAB anda? Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. irianti says:

    selamat pagi dok, perut saya sudah 3 hari ini selalu sakit dan ini perut bagian atas dan tengah, klu BAB sudah 1 minggu ini setiap pagi tp sakitnya baru 3 hari trus sakitnya tidak bisa di tahan dan kadang” datangnya, jd klu sakitnya datang itu sakit skali sehingga kepala saya juga pusing ???!!! terima kasih banyak

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Kemungkinannya ialah sakit maag. Hindari mie, Asam, pedas, kopi, teh. Makan secara teratur,Dan bail tidak anda perbaikan, periksakan ke dokter. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. Lia says:

    Malam dok, saya perempuan, umur 18 tahun..belakangan ini perut saya sering terasa nyeri, namun lokasi nya tidak tentu. Kadang di perut sebelah kanan atas, kiri atas/tengah, dan kadang juga dibagian perut bawah. Nyerinya pun hilang timbul, namun setiap hari pasti ada terasa nyeri, dan belakangan ini juga saya tidak nafsu makan dan kepala sering pusing. Saya tidak pernah minum obat saat nyeri, selalu saya menahannya. Dan disaat bagian perut atas yg terasa nyeri, terkadang tembus sampai ke belakang. Apakah nyeri perut nya disebabkan oleh karena pencernaan? Terima kasih dok

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Kemungkinan iya. Ada riwayat sakit maag? Kurangi mie, pedas, Asam, kopi, teh, Dan makan secara teratur. Untuk saat Ini, kami sarankan segera periksakan ke dokter untuk diberikan obat. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. wie says:

    halo dok,, perut sebelah kiri bawah sakit terus knp ya dok penyebab dan solusinya apa dok , sakitnya kambuhan dok,, mohon infonya ya, makasi dok…

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Untuk pria, kemungkinannya : gangguan Otot, bagi saluran kemih, atau masalah pada saluran kemih, masalah pada pencernaan.
      Untuk wanita, bisa juga terjadi infeksi pada saluran reproduksi.

      Untuk lebih jelas, diperlukan keterangan Yg lengkap Dan pemeriksaan langsung. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. siti says:

    selamat sore dokter…. perut bagian bawah sering nyeri bisa dibilang tiap hari, 3 bln yg lalu sakit perut sy cm 3 or 2 hari menjelang haid, trus saya perika ke dokter ahli kandungan dan di USG. katanya kena gejala kista. stelah periksa n mkan obat kok hmpir tiap hari skt perut.
    apakah penyakit kista emang tiap hari skit perut?
    apakah ad penyakit lain selain kista?
    klo boleh tau penyebab nya apa dan solusinya apa dokter.

    sebelumnya terima kasih banyak ya dokter.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Kim’s Arabian untuk diperiksakan kembal led okter Yg menangani anda. Untuk diketahui penyebab Dari sakit perut Yg anda Alami Ini. Dikhawatirkan Ada infeksi lainnya. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. Nur says:

    Selamat malam dokter. Saya punya maag sejak sekolah dasar dok jadi saya sudah terbiasa minum obat maag ketika terjadi nyeri perut bagian kiri atas disertai mual. Namun akhir-akhir ini perut saya tidak hanya nyeri di bagian kiri saja dokter tapi menjalar ke ulu hati dan perut bagian kanan. Obat maag yang saya minum tidak berefek sama sekali. Sakitnya hilang timbul dok. Biasanya ketika sakit disertai mual dan meriang. Pernah suatu kali sakitnya disertai muntah-muntah dan sakit sekali sampai sulit berjalan.

    Sebulan yang lalu akhirnya saya dibawa ke dokter setelah sakit selama seminggu disertai demam dan diare hebat. Perut saya juga berbunyi terus-menerus. Dokter bilang saya terkena radang usus dan diberikan beberapa obat-obatan untuk meredakan sakitnya. Setelah obatnya habis, demam dan diare saya memang berhenti dok tapi sakit perut saya tidak. Sehingga saya dirujuk periksa USG abdomen.

    Hasil USG abdomen saya cukup normal dok, sedikit batu di ginjal dan ada cairan di bagian perut saya merasa sakit. Karena itu saya dirujuk kembali ke lab apendikogram dan hasilnya non-filling apendiks yang oleh dokter bedah disuruh untuk melakukan operasi usus buntu.

    Karena orangtua saya tidak percaya saya benar-benar usus buntu, saya diperiksa lagi oleh dokter penyakit dalam di rumah sakit yang berbeda sambil membawa hasil USG saya. Dokter tersebut mengatakan bila perut bagian bawah kanan belakang saya juga terasa sakit baru benar-benar terkena usus buntu. Kami sekeluarga merasa lega mendengarnya dan saya dijanjikan sembuh bila obat yang diberikannya dihabiskan.

    Memang dua minggu setelah obat habis saya tidak merasa sakit dok, tetapi selang seminggu kemudian sakit perut saya timbul lagi. Saya bingung dok, sebenarnya saya ini sakit apa? bagaimana cara mengobatinya dok?
    Terima kasih dok sebelumnya.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Perlu anda ketahui bahwa usus Buntu atau appendicitis Ada Yg akut Dan Kronis. Dan gejalanya bisa saja menyerupai sakit maag. Pada appendicitis akut, biasanya pasien Akan merasa kesakitan Yg teramat sangat Dan sulit untuk Bergerak, Ini Yg harus dilakukan tindakan operasi segera.
      Untuk appendicitis Kronis bisa ditangani dengan obat2an. Namun Ada kalanya appendicitis Kronis bisa menjadi akut ( appendicitis Kronis excaserbasi akut) Dan Ini juga harus segera dioperasi.
      Dari keluhan anda, apakah pernah dilakukan pemeriksaan lambung seperti endoskopi?
      Untuk anda, kami sarankan bila memang masih Ada keluhan, kontrol kembali ke dokter Yg menangani anda untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan. Kami sulit mendiagnosa penyakit anda tanpa melakukan pemeriksaan langsung (Ada serangkaian pemeriksaan khusus untuk appendicitis).
      Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  9. susan says:

    halo, dokter.
    saya ingin bertanya ibu saya selalu sakit perut di kanan dan kiri perutya, susah buang air besar, buang air kecil juga tidak sesuai dengan jumlah air yang diminumnya. kadang buang air kecilnya keruh putih seperti susu kental mungkin sudah ada 4 bulan warna urine seperti susu kental. mama saya sering mengkonsumsi obat obatan keras, seperti anti nyeri, anti sakit. mama saya juga ada diabetes. mohon sarannya, dokter. terima kasih.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Warna urine seperti susu, dikhawatirkan adanya nanah dalam urinenya, Yg menandakan adanya infeksi pada saluran kemih. Ditambah Lagi Ibu anda Ada diabetes, Yg bisa berkomplikasi ke ginjal. Kami sarankan untuk segera diperiksakan ke rumah sakit segera. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  10. wijay says:

    Misi, kaka saya cewe merasakan sakit perut di kanan bawah, pusing mual, kurang nafsu makan. Itu kenapa ya dok?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      sakit perut bawah pada wanita, kemungkinannya gangguan pada saluran reproduksi, saluran kemih atau saluran pencernaan. Untuk lebih jelasnya anda bisa periksakan ke dokter agar dapat dijelaskan perjalanan penyakit dandapat diperiksa langsung. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. seno says:

    selamat malam dokter,, perut saya sering sakit pada bagian pusar namun hilang setelah makan ,,, apa jenis sakit yang sya derita,,, trima kasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Kemungkinan ialah gangguan lambung atau maag. Hindari makanan pedas,Asam, mie, kopi, teh. Tirms

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  12. indah guretno says:

    Selamat pagi dokter, saya sering sakit perut bagian bawah yang disertai mual. Rasa sakit ini selalu saya rasakan disaat mendekati haid dan setelah haid. Begitupun pada saat keputihan. Rasa nya itu nyeri seperti pada saat menahan kencing yang lama, tetapi saya tidak ingin kencing. Saya sudah periksa ke dokter dan cek urin tetapi tidak ada gejala apa-apa hanya maag saya yang bermasalah.saya sudah lama menderita ini dok, kira-kira ini berbahaya tidak dok dan apa obatnya? Untuk mengurangi nyeri ini saya hanya mengoleskan minyak angin dok. Mohon saran dan bantuannya ya dokter. Terima kasih.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Rasa mual yg terjadi Sekitar waktu mens kemungkinan ialah Hal Yg normal, seperti premenstrual syndrome. Dari hasil pemeriksaan dokter mengatakan anda Ada gangguan maag. Hindari makanan pedas, Asam, mie, kopi, teh. Makan secara teratur. Bila masih tidak Ada perbaikan , kami sarankan anda periksakan ke dokter spesialis penyakit dalam. Kami disini tidak meresepkan obat untuk menghindari hal2 Yg tidak diinginkan. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  13. Nina Rahayu says:

    Dok tanya, saya sudah 2 minggu sakit perut dan kembung, waktu periksa ke.dokter kata nya asam lambung. Tapi tiap siang, sore dan malam. Dan sering sakiit kepala berat sampai dada saya sakit dok, tolong di.bales ya dok. ini sangat menyiksa saya dok..

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Bila Sudah diperiksakan ke dokter, minum obatnya secara teratur Dan kontrol kembali bila masih Ada keluhan. Selain itu hindari makanan pedas, Asam, mie , kopi, teh, Dan makan secara teratur. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  14. teguh says:

    siang dok. Dok istri saya sakit perut sebelah kanan bwah sakitnya melilit dan hilang timbul padahal kondisi bdan normal2 saja tdak ada gejala lain paling bab sedikit mencret sudah 2 hari istri saya mengeluhkanya dan jeda sakitnya skitar 5 mnit skali.. Mohon penjelasan.nya dok saya takut bkan sakit perut biasa dok. Trim

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Apakah ada demam? Sebaiknya segera periksakan ke dokter. Untuk dilukan pemeriksaan menyeluruh. Dikhawatirkan adanya gangguan pencernaan seperti appendicitis atau usus buntu. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  15. idamanyt says:

    Mlm dok,seminggu trakhir perut kanan bw sy tepat pangkal paha kanan sy sering nyer sedang, kdg Rasa panas Dan pedis.. sblmnya tdk ad keluahan lain di perut maag atw sejenisx.
    Kadang nyerix tmbus ke belakang, tdk ad mual dsbg. Kira2 it knp dok? Makasih! Mohon infonya dok.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Ada benjolan? Pada pria keluhan.perut bawah bisa karena gangguan pencernaan, saluran kemih. Sementara wanita bisa juga karena saluran reproduksi. dan semua harus disesuaikan dengan gejalanya. Bila sangat mengganggu sebaiknya periksakan ke dokter langsung. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  16. nisa says:

    Pa dokter, saya sudah mengalami sakit perut di sekitar pusar hilang timbul selama 4hari lbih, saya kira sya mengalami penyakit diare karena ditambah mencret2. Kemudian 2hari kesini, sudah tidak mencret lagi, tapi sakit perutny masih terasa.. bgaimana ya pa dokter? Rasany sakit banget pa

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Kemungkinan ada gangguan lambung/maag. Sebaiknya diperiksakan ke dokter bila.mrmanh sangat mengganggu. Kami disini tidak meresepkan obat. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  17. aris cahyono says:

    selamat pagi dokter,sya aris. saya mau tanya beberapa hari ini saya sering merasakan keluahan nyeri di daerah perut bagian atas disertai dengan mual dan sulit BAB kadang kambuh tapi kadang juga tidak . itu termasuk gejala sakit apa ya dok trus solusinya bagaimana terimakasih..!!! mohon bantuannya

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      ada riwayat sakit maag sebelumnya? hindari makanan pedas, asam, mie, kopi, teh, rokok. bila tidak membaik segera ke dokter. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0


Trackbacks/Pingbacks

  1. Sakit Perut dan Gejalanya | Al Manar Herbafit Herbal Habbatussauda - [...] DokterSehat.com – Ini penyakit sejuta umat, siapapun rasanya pernah terkena sakit perut. Beberapa hal di bawah akan membedakan jenis …
  2. Sakit Perut Gejala, Penyebab dan Solusinya | Dokter Sehat | Nasirtayib's Blog - [...] Sakit Perut Gejala, Penyebab dan Solusinya | Dokter Sehat. Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this. …