informasi kesehatan


Sakit Perut Gejala, Penyebab dan Solusinya

Sakit Perut Gejala, Penyebab dan Solusinya

            

DokterSehat.com – Ini penyakit sejuta umat, siapapun rasanya pernah terkena sakit perut. Beberapa hal di bawah akan membedakan jenis sakit perut yang Anda alami -ditinjau dari gejalanya, kemudian langkah pertama untuk mengatasinya. Tentu saja, pada kasus-kasus yang berat Anda butuh bantuan dari ahlinya -dokter di sebelah rumah Anda.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan?

1. MAAG

Gejala: Rasa nyeri di derah uluhati, disertai keluhan lain seperti mual, muntah, perut kembung, cepat kenyang, dan bersendawa -terutama ketika Anda lapar.

Penyebab: Macam-macam. Bisa karena makanan, terutama makanan yang mengandung gas seperti kol, ubi, dan sawi. Atau bisa juga disebabkan minuman seperti kopi, alkohol, dan soda. Selain faktor makanan, maag bisa dihubungan dengan faktor stres, merokok, dan konsumsi obat-obat penghilang rasa sakit termasuk obat rematik.

Solusi: Sebenarnya obat-obatan antimaag yang mengandung antasida cukup untuk mengatasi gejalanya. Antasida ini berfungsi untuk menetralisir asam lambung. Tapi jika rasa sakit itu tidak berkurang, barangkali Anda perlu membuat janji dengan dokter. Jangan lupa, kurangi makanan yang bisa mengganggu kinerja lambung -makanan yang terlalu asam atau terlalu pedas. Dan mulai sekarang, makanlah dengan teratur.

2. BATU EMPEDU

Gejala: Mereka yang memiliki batu pada kandung empedu biasanya merasakan nyeri ulu hati yang hilang timbul. Kadang kala, rasa nyeri itu seolah menjalar ke bagian belakang tubuh.

Penyebab: Makanan berlemak atau bisa juga dikaitkan dengan kadar kolesterol yang terlalu tinggi. Batu empedu adalah endapan kolesterol, bilirubin, atau garam kalsium lainnya yang terbentuk di kantung empedu atau di dekat saluran empedu.

Solusi: Jika pada pemeriksaan dokter -yaitu dengan USG abdomen- sudah dipastikan adanya batu pada kandung empedu, maka sebaiknya Anda harus dioperasi. Apalagi jika batu itu batu kalsium atau batu non kalsium yang terlanjur membesar dan mengeras. Bagaimana lagi?
3. USUS BUNTU

Gejala: Nyeri pada perut bagian kanan bawah. Biasanya disertai mual dan muntah, serta nyeri terus-menerus. Kadang kala, rasa nyerinya akan bertambah hingga tiga kali lipat ketika Anda harus berjalan. Badan Anda akan terasa tidak enak dan meriang. Akibat rasa sakit yang hebat, kadang kala Anda tak sadar untuk memegangi terus bagian perut bagian kanan bawah sambil… mengaduh.

Penyebab: Kuman atau bakteri yang masuk. Jadi jika Anda menyangka penyebabnya adalah akibat terlalu banyak makan cabai atau biji-bijian, Anda termakan mitos.

Solusi: Jika Anda mengalami gejala sakit pada perut di bagian kanan bawah, segeralah ke dokter. Pastikan apakah gejala ini merupakan infeksi usus buntu (apendisitis akut). Jika ya, barangkali Anda harus menginap di rumah sakit untuk operasi. Operasi merupakan cara terbaik karena jika masalah ini didiamkan saja, maka ada kemungkinan usus tersebut pecah, infeksi menyebar ke seluruh perut, yang akibatnya sangat fatal.

4. KOLERA

Gejala: Perut Anda seperti ditekan, merasa nyeri terutama di perut bagian bawah, lalu diikuti kejang otot perut. Perasaan mual dan muntah-muntah biasanya datang setelah mencret. Kolera sering juga disebut dengan penyakit muntaber karena gejala utamanya adalah muntah dan BAB.

Penyebab: Kuman Vibrio cholerae yang punya nama alias lain iBacillus coma. Kuman ini disebarkan melalui makanan dan minuman yang tercemar.

Solusi: antibiotics online Ganti cairan tubuh yang hilang dengan garam oralit. Bila kehilangan cairan tubuh cukup banyak dan penderita sudah tidak dapat menerima cairan dari mulut, maka cairan pengganti diberikan melalui infus.


5. BATU GINJAL

Gejala: Nyeri pada perut kiri atau kanan bawah yang menjalar menuju penis. Jika batu ginjal ini menyerang, boleh jadi Anda akan mengalami rasa nyeri yang luar biasa hebat akibat saluran kemih (yang mirip selang) akan meregang kuat akibat menahan air seni yang tak bisa keluar.
Penyebab: Batu di saluran kencing (batu ureter). Nyeri yang dirasakan hilang timbul dan intensitas rasa sakitnya akan makin bertambah hebat ketika Anda kebelet kencing.

Solusi: Sebenarnya penghilang rasa sakit yang dijual bebas dapat diminum untuk mengurangi rasa nyerinya. Tapi tentu saja itu tergantung intensitas rasa sakitnya, jika terlalu hebat… pasrah sajalah. Pergi ke dokter merupakan langkah cerdas untuk mendapatkan obat penghilang rasa sakit yang biasanya diberikan melalui suntikan. Atau jika batunya terlalu besar dan keras, maka prosedur operasi akan dilakukan untuk menyelesaikan masalah. Ini adalah pelajaran agar Anda rajin minum -terutama jika Anda bekerja di ruangan ber-AC.

6. SEMBELIT

Gejala: Nyeri pada perut yang hilang timbul, lokasinya berada di sekitar pusar. Nyeri ini muncul berkaitan dengan makanan yang Anda konsumsi atau akibat susah buang air besar.

Penyebab: Akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak dan kurang makan sayur-sayuran. Pada kasus yang berat, sembelit bisa disebabkan karena adanya halangan mekanis pada usus seperti radang pada dinding usus, kanker, atau usus yang menonjol keluar.

Solusi: Konsumsilah obat pencahar. Sesuaikan dengan penyebab sembelitnya, jika penyebabnya kotoran Anda terlalu keras beli obat pencahar yang melunakkan tinja, atau pilihlah obat pencahar yang membuat saluran pencernaan terasa penuh sehingga menimbulkan rangsangan untuk BAB, atau pilihlah pencahar yang bisa menyerap cairan.

7. DISENTRI

Gejala: Rasa mulasnya barangkali hampir sama ketika isteri Anda hendak melahirkan. Yang bikin kesal Anda harus bolak-balik ke WC untuk BAB. Sehari mungkin Anda bisa 20 hingga 30 kali BAB, dan kotoran Anda akan mencret serta berlendir. Terkadang, kotoran itu disertai darah.

Penyebab: Konsumsi makanan kotor yang telah terinfeksi kuman shigela dissentri atau amuba usus.

Solusi: Untuk mengobatinya, terlebih dahulu Anda harus mengganti cairan yang telah keluar dengan garam oralit. Pemberian antibiotika sangat penting untuk membunuh kuman. Tapi tetap saja upaya pencegahan lebih penting ketimbang pengobatan. Caranya adalah dengan menjaga kebersihan, membasmi lalat di rumah, serta menjaga makanan dan minuman dari kotoran.

pf button both Sakit Perut Gejala, Penyebab dan Solusinya


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

492 Responses to “Sakit Perut Gejala, Penyebab dan Solusinya”

  1. Moan Limbong says:

    Malam dok.
    Dok, saya mau bertanya. Kenap jika saya makan soto tu pedas banget karna hobi saya pedes, trus hbis mkan tu dok perut saya terasa sakit, mau muntah,, trus stelah minum kopi hangat udah mendingan tu dok. Kira kira kenapa ya dok?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. amin habi says:

    Pagi Dok…
    Saya mau minta solusi nih,,saya sering sakit kepala klo terlalu kenyang..gimana cara pengobatanya ???

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. Sintya says:

    Siang dok, bulan lalu kpala saya pusing dan mual, saya ke dokter kemudian diberikan obat mual slama seminggu, selang bbrapa hari setelah berhenti minum obat perut saya terasa tidak enak, kemudian diberikan obat maag. Setelah bbrapa hari perut saya sring berbunyi dan kadang msh terasa ngga enak tp saya diamkan saja. Kemudian minggu lalu perut kanan bawah saya terasa sakit tp seminggu kemudian hilang. Tp perut saya kadang msh terasa ngga enak. Saya sakit apa ya ? Apa usus buntu ?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Apakah ada demam? Penyakit usus buntu ada yg akut dan kronis. Dan memang untuk yg kronis sulit untuk diketahui karena gejalanya menyerupai sakit maag. Bila masih ada keluhan sebaiknya periksakan kembali ke dokter spesialis penyakit dalam trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. Amel says:

    Siang d0k.
    Saya mau bertanya?
    Perut saya sering sakit di sebelah kanan
    dan sering sembelit?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Kemungkinan ada gangguan pencernaan. Ciba minum air putih yg banyak dan makan makanan yg berserat seperti sayuran dan buah2an. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. Amel says:

    Siang d0k.
    Saya mau bertanya?
    Perut saya sering sakit di sebelah kanan
    dan sering sembelit?
    Tu karna apa ya d0k?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. Vhemy says:

    siang dok .
    saya mau tanya . akhir-akhir ini saya sering merasa nyeri pinggang sebelah kiri di sertai sakit perut sebelah kiri juga. kenapa yach dok ?
    tolong beri tau saya :'(

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Ada gangguan berkemih? Bila sangat mengganggu sebaiknya segera periksakan ke dokter. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. titin says:

    Sore dokter. .
    Saya jg mau tanya. . sebelumny terimakasih atas informasi yg dokter berikan ..
    Gini.. Dokter… Saya sudah 2 minggu siap operasi usus buntu. .
    Tiba2 bebberapa hari ini.. Saya merasakan skit perut bagian bawah setiap ngerasa ingin Bab dokter… Setelah itu ga ada lgi..bab saya rutin setiap pagi dokter.. Dan setiap pagi itu jg ngerasa sakit.
    Apa krn pola mkn saya yg slah stelah operasi atau gmna dokter… ?
    Terimakasih dokter… Mohon pengarahanny… ^_^

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Apakah nyerinya di lokasi jahitan atau dimana? Bila memang ada keluhan anda bisa kontrol kembali ke dokter anda. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. Yama says:

    Dok, apakah benar kalau lagi diare kita “disarankan” untuk minum minuman seperti, contoh “Pocari Sweat”, untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  9. Angel says:

    Slmat pagi dok.
    Dok, saya mau nanya. Saya sakit perut rasanya nyeri sekali, tapi skit perutnya dtg bbrpa menit sekali. Rasa sakitnya diseluruh perut saya. Makasih

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Kemungkinan anda mengalami kolik akibat adanya infeksi saluran pencernaan, segera periksakan ke dokter. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  10. Insan says:

    Dok kalau gejalanya kaiak gini
    * Sakit perut terus terusan
    * pusing dikit
    * kotoran agak cair dikit
    Makanan yg saya makan kemarin
    Teh + ayam goreng + nasi babi guling + air putih

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. lili says:

    Selamat sore dok…. anak saya berumur 2 tahun kenapa dia sering mencret y kalau dia sedang BAB…? Apakah ada kaitannya dengan dia yg tidak mau makan nasi. Dia hanya mau makan bubur. Dan kurang juga makan makanan yg berserat… tapi lebih cenderung minum susu formula dengan jumlah yg banyak… ditambah lg dia suka minum yakult, susu ultra, atau jajanan yg lainnya… mohon sarannya….

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Minuman yg mengandug lactobacillus memang baik untuk pencernaan namun jangan diberikan tetlalu banyak, selain itu susu juga jang terlalu banyak, cukup berikan pagi dan malam. Selain itu berikan makanan padat. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  12. Reni says:

    Dok,perut saya tuh sakit nyeri gitu .
    trus saya juga pernah bersendawa ketika lapar . menurut dokter saya sakit apa . tolong beri sarannya dok

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0


Trackbacks/Pingbacks

  1. Sakit Perut dan Gejalanya | Al Manar Herbafit Herbal Habbatussauda - [...] DokterSehat.com – Ini penyakit sejuta umat, siapapun rasanya pernah terkena sakit perut. Beberapa hal di bawah akan membedakan jenis …
  2. Sakit Perut Gejala, Penyebab dan Solusinya | Dokter Sehat | Nasirtayib's Blog - [...] Sakit Perut Gejala, Penyebab dan Solusinya | Dokter Sehat. Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this. …
  3. Sakit Perut Disertai Muntah Pada Anak - Serba Serbi Berita - […] Sakit perut gejala, penyebab dan solusinya | informasi […]
  4. Sakit Perut Bagian Bawah Pada Anak - Serba Serbi Berita - […] Sakit perut gejala, penyebab dan solusinya | informasi […]
  5. Anak Sakit Perut - Serba Serbi Berita - […] Sakit perut gejala, penyebab dan solusinya | informasi […]