Sakit Perut Bisa Jadi Gejala Radang di Organ Reproduksi

Doktersehat.com – Ketika merasa perih di bagian perut biasanya kita akan menggerakkan tangan untuk menekan di bagian ulu hati. Namun, terkadang bila ditekan di bagian ulu hati malah perut bagian bawah yang sakit. Apa yang sebenarnya terjadi?



Menurut Dr Kartono Mohamad, ada beberapa faktor yang bisa menimbulkan rasa sakit di perut. Terkadang penyebab rasa nyeri ini sulit diketahui karena adanya fenomena referred pain, yakni rasa sakit yang terasa di satu tempat tapi juga terasa di bagian lain.

Daerah sumber nyeri biasanya akan terasa sakit bila ditekan. Untuk menemukan asal nyeri dokter kerap menekan-nekan perut saat memeriksa Anda.

Jika saat ditekan ulu hati tidak terasa sakit maka bisa disimpulkan bila rasa nyeri tidak bersumber dari lambung Anda.

Pada perut bagian bawah terdapat usus besar dan organ reproduksi wanita, yakni rahim (uterus) dan indung telur (ovarium). Jika sakit terasa di dinding perut sebelah dalam saat terangsang maka bisa jadi kondisi ini diakibatkan tekanan berat atau terjadi radang. Sebab semua organ tersebut tidak memiliki saraf rasa sakit.

Terjadinya radang pada saluran telur wanita seringkali tidak disertai demam. Tekanan dalam rongga perut dan daerah yang sakit akan meningkat bila sedang batuk.

Akibatnya, rasa sakit akan bertambah parah. Jika hal ini terjadi pada Anda, segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis ginekolog guna memastikan keadaan organ reproduksi Anda.

Sumber: femina.co.id